Close

Kasus Dugaan Penghinaan terhadap Ibu Negara Iriana Jokowi

bu Negara Iriana Jokowi (kanan).

JAKARTA, METRO–Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri telah mengantongi identitas terduga pelaku yang dinilai menghina Ibu Negara Iriana Jokowi di Twitter.  Direktur Tindak Pidana Siber Brigjen Adi Vivid mengatakan saat ini pihaknya tengah me­lakukan penyelidikan. “Iden­titas terduga pelaku sudah kami dapatkan,” kata Adi saat dikonfirmasi, Minggu (20/11).

Jenderal bintang satu itu mengatakan penyelidikan kasus tersebut bermula saat pihaknya bersama dengan seluruh jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda se-Indonesia melakukan patroli siber.  “Informasi tentang kasus tersebut bermula hasil dari patroli siber yang dilakukan, tidak hanya oleh jajaran Direktorat Siber Bares­krim Polri, tetapi juga dilakukan jajaran Direktorat Krimsus (dalam hal ini Subdit Siber) seluruh Polda se-Indonesia,” ujar Vivid.

Adi mengatakan patroli tersebut dilakukan secara rutin agar tidak ada ruang bagi masyarakat untuk menyebarkan hal-hal ne­gatif serta bisa berimplikasi hukum terhadap pelanggar. Perwira tinggi Polri itu mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar media sosial hendaknya digunakan untuk hal-hal positif.

Jangan disalahgunakan untuk menyebarkan SARA, penghinaan, pornografi, kebencian serta hal negatif lainnya. Apabila ditemukan akan kami proses sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Brigjen Adi.

Sebelumnya, salah satu akun bernama @KoprifilJati di Twitter dinilai telah merendahkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Akun tersebut mengunggah foto Iriana Jokowi dengan istri Presiden Korea Selatan, Kim Keon Hee dengan keterangan, “Bi, tolong buatkan tamu kita minum,”. “Baik, Nyonya,” Unggahan itu pun langsung diserbu netizen karena dianggap menghina Ibu Iriana Jo­kowi. Belakangan, akun @Korpifiljati telah menghapus twit tersebut. “Sorry gaes. Unggahan dengan gambar ibu negara saya hapus. Kayanya banyak yang salah paham menganggap saya merendahkan orang di gambar tersebut,” kata @KorprofilJati. (cr3/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top