Close

Kasus Covid Melandai, Henny Riza Falepi: Peran Keluarga sangat Penting

Heniy Riza Falepi.

POLIKO, METRO–Selama Dua tahun terakhir semua aktivitas dilakukan dirumah saja untuk mengurangi penyebaran dan penularan Co­vid-19. Anak-anak belajar di rumah, yang bekerja pun melakukan kerja dari rumah alias WFH (Work From Home).  Meskipun saat ini kasus positif Covid 19 Kota Payakumbuh telah melandai, Pemerintah kota Payakumbuh mulai sedikit demi sedikit melonggarkan aturan. Alasan utama sebenarnya adalah supaya roda perekonomian kem­bali berputar.

Pemerintah Kota Payakumbuh saat ini sedang gencar untuk menggalakkan pelaksanaan vaksinasi untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosia­­l-ekonomi. Kampanye tentang bagaimana hidup dengan new normal, yaitu bagaimana kita harus bersikap di tengah keramaian seperti pasar, tempat makan, restaurant, cafe dan terminal atau di mana saja ketika kita berada di tempat yang memiliki potensi kontak kepada o­rang lain. Demikian juga jika pergi ke satu tempat yang terbuka, apa yang harus dilakukan, semua ada protokolnya.

Saat dihubungi media, Selasa (26/10),  Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Fa­lepi mengatakan meski di Kota Payakumbuh saat ini kasus co­vid-19  sudah melandai, kita tetap harus waspada. Keluarga memiliki peran penting untuk memberikan edukasi kepada anggota keluarganya me­ngenai pentingnya vaksinasi dan terus jaga protokol kesehatan.

“Anggota keluarga yang beraktivitas di luar rumah harus turut bertanggung jawab terhadap kesehatan keluarga di rumah. Ketika sampai di rumah, pastikan membersihkan badan terlebih dahulu sebelum berkumpul dengan keluarga. Ja­ngan sampai tidak menyadari bahwa usai kembali ke rumah membawa virus tersebut ke rumah,” ujar Henny.

Lebih lanjut Henny me­ne­rangkan di tengah pandemi ini, orang tua harus berbicara kepada anak-anak tentang mengapa penting untuk tetap tidak berkerumun dan berkumpul dengan teman-teman mereka.

Bagi si kecil yang sudah cukup lama tidak berjumpa dengan teman-temannya, tidak pernah berlibur atau pergi ke tempat bermain bisa jadi sudah mulai merasa bosan. Peran orang tua penting sekali untuk memberikan informasi kepada anak-anak sesuai dengan usia dan tingkat pemahaman mereka. Menyampaikan sebenarnya dengan bahasa yang mudah tanpa perlu membuat mereka menjadi ketakutan.

Henny berpesan kepada seluruh warga Kota Payakumbuh khususnya para ibu, karena ibu memiliki peran yang sangat penting dalam memproteksi dan menjaga kesehatan anak dan keluarga. Meski saat ini kasus covid 19 sudah melandai, tetap lakukan physical distan­cing, mengurangi kontak fisik, rajin mencuci tangan, menggunakan masker, membawa hand sanitizer karena kita tidak pernah tau kegiatan kita saat pergi keluar rumah mungkin saja dapat berbahaya bagi kesehatan keluarga.

Dan untuk daerah disekitar kita, bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi, mari kita berikan pengetahuan dan pentingnya vaksinasi untuk menghambat penularan covid 19, kita harus sukseskan program vaksinasi ini agar keadaan kita kembali pulih seperti sediakala dan ekonomi masyarakat kembali meningkat,” pungkas­nya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top