Menu

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Prokes Jangan Sampai Kendur

  Dibaca : 62 kali
Kasus Covid-19 Terus Menurun, Prokes Jangan Sampai Kendur
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

JAKARTA, METRO–Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat me­ngi­ngatkan seluruh pe­mang­ku kepentingan dan ma­sya­rakat tetap fokus pe­ngen­dalian Covid-19 me­nyusul tren penurunan jumlah kasus positif di sejumlah daerah. Dia me­ngingatkan bahwa upaya yang telah dilakukan hing­ga saat ini bertujuan untuk mengen­dalikan virus Corona, bu­kan sekadar me­nurunkan jumlah kasus positif.

“Perlu disadari ber­sa­ma tujuan kita bersama adalah mengendalikan pe­nyebaranCovid-19, bukan sekadar berkurangnya jum­­lah kasus,” kata Lestari dalam keterangan ter­tu­lisnya di Jakarta, Kamis (19/8).

Berdasarkan data Ke­menterian Kesehatan, ka­sus Covid-19 pada Rabu (18/8) kemarin bertambah 15.768 pasien dalam sehari, menurun dibandingkan Se­lasa (17/8) 20.741 kasus. Begitu juga pada data ke­matian, meski masih di atas 1.000 kasus, jumlah juga mulai menurun dari 1.180 kasus pada Selasa (17/8) menjadi 1.128 kasus pada Rabu (18/8).

Politikus Partai Nas­Dem yang akrab disapa dengan panggilan Mbak Rerir itu berharap semua pihak tidak cepat berpuas diri terhadap capaian ter­sebut. Sebab, tujuan u­tama dari kebijakan yang dite­rapkan selama ini ada­lah terkendalinya sebaran Co­vid-19 sesuai dengan stan­dar yang ditetapkan WHO.

“Konsep pengendalian itu memerlukan kontribusi sikap dari semua pihak agar bisa berjalan sesuai rencana,” ucap Rerie. Un­tuk itu, dia meminta agar berbagai upaya untuk me­la­kukan diagnosa melalui swab antigen dan PCR ha­rus terus dipermudah har­ga dan aksesnya bagi ma­syarakat.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menga­takan upaya penelusuran terduga Covid-19 juga ha­rus lebih agresif untuk men­cegah meluasnya se­ba­ran virus Corona. “Ca­paian vaksinasi Covid-19 secara nasional juga harus terus ditingkatkan agar target kekebalan kelompok bisa segera terwujud,” kata dia.

Selain itu, ujar Rerie, kesiapan fasilitas kese­hatan dalam menangani kasus positif Covid-19 juga harus ditingkatkan, sehing­ga bisa mengantisipasi bila terjadi lagi lonjakan kasus. Sementara dari sisi ma­syarakat, kontribusi dalam upaya pengendalian Co­vid-19 bisa dalam bentuk konsistensi penerapan si­kap disiplin menjalankan protokol kesehatan (pro­kes). “Jadi tren penurunan kasus positif Covid-19 ja­ngan malah disikapi de­ngan mengabaikan prokes atau mengendurkan upaya testing, tracing, dan treatment (3T),” tandas Lestari Moerdijat. (jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional