Menu

Kasus Covid-19 Tembus 20 Ribu

  Dibaca : 66 kali
Kasus Covid-19 Tembus 20 Ribu
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan langkah-langkahnya untuk mengatasi kasus Covid-19 yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

JAKARTA, METRO–Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan langkah-langkahnya untuk mengatasi kasus Covid-19 yang meningkat dalam be­berapa waktu terakhir. Budi mengaku sudah berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Guber­nur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memastikan ketersediaan jumlah tem­pat tidur.

“Kami mengonversikan tiga rumah sakit besar pemerintah yaitu RS Fat­mawati, RS Sulianti Saroso, dan RS Persahabatan untuk menjadi 100 persen rumah sakit menangani Covid,” kata Menkes dalam konferensi pers, Jumat (25/6). Dengan demikian, lanjut Budi, akan ada penambahan jumlah tempat tidur dan tenaga kesehatan yang melayani para pasien Covid-19 di DKI Jakarta.

“Diharapkan minggu ini konversi tersebut bisa selesai,” imbuh dia.

Menteri berusia 57 tahun itu menam­bahkan langkah lain yang dilakukannya ialah mengubah ruang IGD menjadi kamar isolasi dan membangun tenda-tenda di luar rumah sakit untuk mem­berikan layanan IGD.

“Yang ingin dicek masuknya ke sana (tenda, red), tidak masuk ke ruangan IGD karena ini akan dipakai sebagai tambahan tempat tidur,” imbuh Budi.

Menurut dia, penambahan lokasi isolasi juga diperlukan karena kapasitas ruang perawatan di Wisma Atlet makin penuh. Mantan Wakil Menteri BUMN itu menyampaikan ada dua tambahan tempat isolasi di Nagreg dan Pasar Rumput.

“Di Nagreg itu ada empat tower, kami bisa isi sekitar empat ribu, kami akan mulai dengan dua ribu dulu tetapi itu kapasitas maksimalnya bisa empat ribu,” tutur pria yang akrab disapa BGS itu.

Untuk di Pasar Rumput, penambahan kapasitas ruang isolasi sebanyak tiga ribu. Tempat isolasi di Nagreg dan Pasar Rumput rencananya akan menjadi tempat bagi para pasien Covid-19 yang tak bergejala dan gejala ringan sedang­kan Wisma Atlet akan menangani pa­sien dengan kondisi menengah.

Selanjutnya, bagi para pasien Covid-19 dengan kondisi berat tetap akan diarahkan ke rumah sakit. Kementerian Kesehatan melaporkan adanya pe­nambahan kasus sebanyak 20.574 positif Covid-19 pada Kamis (24/6). (mcr9/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional