Menu

Kasus Covid-19 Meningkat di Kota Payakumbuh, Dinkes Upayakan Penambahan Nakes dan Ruangan Tempat Tidur di RSUD

  Dibaca : 111 kali
Kasus Covid-19 Meningkat di Kota Payakumbuh, Dinkes Upayakan Penambahan Nakes dan Ruangan Tempat Tidur di RSUD
dr. Bakhrizal Kadiskes Payakumbuh

PAHLAWAN, METRO–Kepala Dinas Kese­hatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal mene­rang­kan saat ini kepadatan penderita Covid-19 di Pa­ya­kumbuh sedang tinggi, dirinya menghimbau ma­syarakat agar mem­per­kuat antibodi, sehingga penularan virus Corona bisa dicegah.

“Perkuat saya tahan tubuh dengan selalu me­ngonsumsi makanan ber­gizi dan buah-buahan jauhi kerumunan, jangan keluar malam, dan atur pola ti­dur,” kata dr. Bakhrizal kepada media via what­sapp, akhir pekan kemarin.

Menurut kadis yang akrab disapa Dokter Bek itu, kondisi cuaca saat ini juga sedang tidak baik, dirinya meminta warga yang kondisi keseha­tan­nya kurang baik agar meng­­hindari keluar ru­mah.

“Penularan tidak bisa dielakkan, bila turun saja daya tahan tubuh, kita bisa mudah tertular Covid-19 kalaupun ada urusan pen­ting yang mengharuskan keluar rumah, jangan ken­dor dengan protokol ke­sehatan, pakai masker dan siap sedia hand sanitizer,” ungkapnya.

Bakhrizal juga mene­rangkan, apabila kasus po­sitif terus meningkat dan banyak butuh pe­nanganan intensif, dikha­watirkan kapasitas di Ru­mah Sakit Umum Daerah Adnaan Wd tidak cukup untuk me­nampung pa­sien.

“Di rumah sakit saat ini kita sedang m­e­ngu­payakan penambahan te­naga ke­sehatan, ruangan, dan tem­pat tidur untuk me­rawat pasien Covid-19, dari kapasitas sebelum­nya 29 di ruangan cem­paka ditambah lagi 13 dari ruangan teratai,” ung­kapnya.

Terakhir, Bakhrizal ju­ga menghimbau warga yang belum divaksin agar segeralah ikut vaksinasi di puskesmas, meski yang telah disaksin tidak men­jamin kebal dari tertular Covid-19, namun kalau­pun nanti positif, mudah-mudahan tidak bergejala.

“Angka kasus saat ini 323 masyarakat Paya­kum­­buh terpapar Covid-19, 290 diisolasi mandiri, se­dangkan 33 lainnya di­ra­wat di rumah sakit. Ang­ka kasus saat ini me­­nun­jukkan periode me­nuju puncak penye­baran, se­moga dalam wak­tu dekat kita bisa men­capai herd immunity,” pungkasnya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional