Close

Kasus Covid-19 Melonjak Setiap Hari, Bekas Kantor Balai Kota Payakumbuh jadi Tempat Karantina Baru

RAPAT—Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda bersama Ketua DPRD Hamdi Agus dan Kapolres Payakumbuh memimpin rapat penanganan Covid-19.

POLIKO, METRO–Terjadinya peningkatan kasus aktif Covid-19 yang cukup tinggi setiap harinya, Pemko Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan menyiapkan tempat karantina baru bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif yaitunya di ex. Kantor Balai Kota di Bukik Sibaluik Kelurahan Balai Panjang.

Hal tersebut diungkapkan Sekretarsi Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh Rida Ananda saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama Satgas penangan Covid-19 Kota Payakumbuh, mengingat saat ini minimnya tempat isolasi yang dimiliki dima­sing-masing kelurahan. “Langkah ini kita ambil supaya penangan Covid-19 ini lebih efektif,” kata Sekda Rida Ananda kepada media di Aula Ngalau Indah, Selasa (10/8).

“Saat ini kita akan persiapkan dan lengkapi semua fasilitas di lokasi ter­sebut untuk tempat karantina yang nyaman untuk ma­syarakat kita,” tambahnya.

Dan untuk kondisi terburuk apabila tempat rawatan di rumah sakit tidak mampu lagi menampung pasien, Sekda Rida me­nyebut akan menyiapkan dua puskesmas untuk me­mbantu merawat ma­sya­rakat yang terpapar virus corona.

“Kita akan siapkan Pus­kesmas Lampasi dan Puskesmas Ibuh apabila memang terjadi lonjakan pasien positif Covid-19 dan Rumah Sakit tidak mampu lagi menampung pasien,” ucapnya.

Kemudian Sekda me­ngingatkan kepada ma­syarakat Payakumbuh yang bekerja di luar kota apalagi yang bekerja dizona merah, agar terus berhati-hati jangan sampai membawa penyakit untuk orang terdekatnya. “Untuk petugas PPKM kelurahan agar selalu aktif memantau masyarakatnya yang keluar masuk, dan selalu mengingatkan warganya akan bahaya virus corona,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Payakumbuh Alex Pra­wira mengatakan agar terus gencar meningkatkan tracing kepada yang kontak dengan masya­rakat yang positif untuk mencegah terjadinya pe­nularan yang lebih jauh. “Sebagai saran untuk m­e­ningkatkan testing kepada riwayat kontak mengingat kita sudah berada pada level 3, kalau perlu bisa membentuk relawan untuk melakukan tracing,” kata Kapolres.

Serta Kapolres juga mengingatkan supaya mem­percepat penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terpapar virus corona, demi menghindari ada­nya masyarakat positif yang berkeliaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. “Kalau bisa untuk bantuan bahan makanan Covid ini agar secepatnya diberikan serta untuk obat-obatannya ju­ga, supaya tidak adalagi yang kucing-kucingan de­ngan petugas,” ucapnya.

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh Erwan me­ngatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan bahan makanan per Kepala Keluarga bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif. “Sampai hari ini sudah disalurkan kepada 89 KK, kalau datanya lengkap maka bantuannya akan segera disalurkan kepada masyarakat kita yang positif,” pungkasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top