Menu

Kasus Covid-19 masih Mengkhawatirkan di Kota Padang, Jadwal Tes CPNS Belum Jelas

  Dibaca : 82 kali
Kasus Covid-19 masih Mengkhawatirkan di Kota Padang, Jadwal Tes CPNS Belum Jelas
Arfian Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang.

AIA PACAH, METRO–Sampai saat ini pelaksanaan tes pene­rimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) belum juga dilakukan. Jadwal Tes Kom­petensi Dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang belum ditentukan dan tergantung dengan kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19.

“Untuk jadwal tes belum tahu. Hingga kini belum ada informasi terbaru dari peme­rintah pusat untuk jadwal tes CPNS 2021,” sebut Kepala Badan Kepegawaian Pengem­bangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian, Rabu (11/8).

Saat ini, prosesnya seleksi CPNS 2021, baru sebatas jawaban sang­­gah dari seleksi ad­mi­nistasi yang telah dilaku­kan sebelumnya. Dan, pa­da 15 Agustus nanti akan di­umumkan hasil seleksi ad­mi­nistrasi pasca sang­gah.

“Jadwal selanjutnya be­lum ada, mungkin masih menanti Covid-19 mereda. Kita tunggu saja,” sebut Arfian.

Menurut Arfian, waktu yang cukup panjang ini, bisa dimanfaatkan oleh peserta yang telah lulus seleksi administrasi untuk mempersiapkan diri me­ngikuti seleksi kom­petensi dasar dan seleksi kom­petensi bidang. Se­hingga bisa mendapatkan nilai yang tinggi dan lolos men­jadi CPNS.

“Ke depan mungkin jad­walnya akan berubah-ubah. Dan akan diberikan kepada peserta,” sebut Arfian.

Untuk tahun ini, untuk kuota CPNS hanya  118 orang dan  PPPK sebanyak 12 orang. Selain itu, untuk guru, semua statusnya PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Jumlahnya sebanyak 476 orang.

“Kuota CPNS kita untuk formasi di OPD teknis ada­lah sebanyak 118 dan 12 orang. Namun yang 12 orang statusnya PPPK. Selain itu, ada lagi sebanyak 476 orang terdiri dari guru dengan status PPPK,” kata Arfian.

Sementara itu, Plt Asis­ten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Apa­ratur Kementerian PANRB, Katmoko Ari Sambodo, me­­nga­takan peserta CPNS 2021 akan diberi total 110 butir soal Tes Kompetensi Dasar yang terbagi dalam tiga kategori, yakni 30 tes wa­wasan kebangsaan (TWK), 35 soal tes intele­gensi umum (TIU), dan 44 soal tes karakteristik pri­badi (TKP).

Adapun bobot nilai tertinggi untuk soal TWK dan TIU mendapat poin 5 jika jawaban benar, dan poin 0 jika jawaban salah. Sehingga maksimal poin yang bisa diperoleh men­capai 150 untuk TWK dan 175 untuk TIU.

Pengecualian untuk TKP pada skd CPNS 2021 yang terdiri dari 45 butir soal. Untuk yang men­ja­wab akan ada rentang poin dari 5-1, sementara yang tidak menjawab mendapat 0. Jadi maksimal poin yang bisa didapat 225.

Dijelaskan, pendaftar CPNS 2021 untuk formasi umum akan ditetapkan passing grade SKD sebesar 311 poin. Dengan nilai am­bang batas untuk TWK 65 poin, TIU 80 poin, dan TKP 166 poin.

Kemudian, waktu pe­lak­sanaan SKD akan diberi batas waktu hingga 100 menit, terkecuali bagi pela­mar CPNS 2021 yang men­daftar untuk kategori disa­bilitas.

Sedangkan, khusus bagi pelamar dengan penyan­dang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan khusus penyan­dang disabilitas, waktu pelaksanaan SKD adalah 130 menit. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional