Menu

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Gubernur Ingatkan Jaga Iman dan Imun

  Dibaca : 89 kali
Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Gubernur Ingatkan Jaga Iman dan Imun
FOTO BERSAMA— Gubernur Sumbar Mahyeldi foto bersama dengan jamaah usai shalat Jumat di Masjid Al Aqsa, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok, kemarin.

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Ba­rat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengingatkan masyarakat untuk mening­katkan iman dan imun un­tuk melawan penyebaran Covid-19 yang kembali merebak.

 “Dengan iman kita me­ne­rapkan semua ajaran islam yang mendorong untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan meningkatkan imun kita meminimalkan kemung­kinan terpapar virus Covid-19,” kata Mahyeldi, saat memberikan tausiyah di Masjid Al Aqsa,  Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok, Jumat (2/7).

Menurutnya, menerap­kan protokol kesehatan di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan sejalan dengan ajaran aga­ma.

Demikian juga mening­katkan imun dengan ber­bagai upaya. Seperti vaksi­nasi dan mengkonsumsi makanan yang bisa me­ningkatkan daya tahan tubuh.

Lebih dalam ia mengu­pas secara agama, umat Islam diajarkan member­sikan sanifarin (rongga hidung) pada saat ber­wudhu dengan cara istinjak (sunah dalam berwudu) memasukan air di hidung dan dikeluarkan kembali, untuk membersihkan rong­ga hidung.

Islam juga menga­jar­kan melalui amalan dan sunnah untuk menjaga kesehatan sehingga bisa menjalankan ibadah se­cara maksimal.”Maka lak­sanakan semua amalan yang diajarkan  dengan sempurna,” ujarnya.

Ia mengatakan ada be­ra­gam cara meningkatkan daya tahan tubuh. Di anta­ranya dengan meng­kon­sumsi bahan makanan yang bisa ditanam di lingkungan rumah seperti jahe, sayu­ran hijau, dan madu “De­ngan menguatkan iman dan imun ini akan tumbuh generasi yang kuat secara mental dan fisik sesuai ajaran islam yang menga­takan mukmin yang kuat, lebih baik dari mukmin yg lemah,” ujarnya.

Saat ini menurut Data Dinas Kesehatan Sumbar jumlah kota/kabupaten yang masuk zona kuning Covid-19 berjumlah tujuh daerah. Sementara Kota Solok masih masuk zona orange dengan skor 2,37. Dengan demikian, masya­rakat Solok diminta untuk tetap taat protokol kese­hatan (prokes) dan me­ning­katkan imun.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok, Ra­ma­dhani Kirana Putra me­ngatakan kedatangan Gu­bernur Sumbar ke Solok merupakan bentuk kepe­dulian terhadap warga So­lok. Karena itu ia mengu­capkan terima kasih.

Sementara itu, Pengu­rus Masjid Misran Mas­dagar mengatakan, ini ada­lah kali pertama jamaah Masjid Al Aqsa dikunjungi oleh Gubernur Sumbar. Ia berharap agar pada Ra­madhan nanti masjid kem­bali dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar. Ikut hadir dalam acara itu Kasatpol PP Sum­bar Dedy Diantolani, Rusdi Saleh, Taufik, Anggota DPRD Solok Ade Marta, Kabag Rumah Tangga Syef­dinon, tokoh masyarakat dan pengurus masjid.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional