Menu

Kasus Covid-19 di Sumbar Membaik, Positivity Rate Menurun Tiap Hari

  Dibaca : 181 kali
Kasus Covid-19 di Sumbar Membaik, Positivity Rate Menurun Tiap Hari
Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal.

PADANG, METRO–Kondisi perkembangan Covid-19 di Provinsi Su­matra Barat (Sumbar) selama tiga pekan, jelang satu bulan terakhir mulai membaik. Hal itu dibuktikan dengan positivity rate dari hari ke hari menunjukkan angka penurunan.

“Alhamdulillah, sudah lebih 3 tiga pekan menjelang satu bulan, kondisi perkembangan Covid-19 di Sumbar sudah sangat men­ggembirakan,” ucap Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, Kamis (2/9).

Jasman mengungkapkan, testing rate saat ini cukup tinggi dan positivity rate selalu berkecenderungan menurun tiap hari. Jumlah kesembuhan selalu lebih tinggi dari kasus pertambahan positif.

“Kasus aktif semakin menurun. Tiga pekan lalu kasus aktif kita masih di atas 15 ribuan. Hari ini terkonfirmasi pada angka 5 ribuan,” ungkap Jasman yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar ini.

Kondisi lainnya yang mendukung, tingkat hunian rumah sakit untuk kasus berat dan kritis juga semakin menurun drastis. “Alhamdulillah stok oksigen kita juga cukup,” terangnya.

Indikator lainnya, pa­sien Covid-19 yang isolasi mandiri juga semakin me­nurun, seiring dengan semakin sedikitnya kasus pertambahan positif baru.

Terkait capaian vaksinasi di Sumbar, Jamsan menegaskan sebenarnya sangat tinggi jika dibandingkan dengan jumlah vak­sin yang dijatahkan oleh pemerintah pusat ke Sumbar.

“Berapa pun vaksin yang didistribusikan oleh pemerintah pusat ke Sumbar, paling lama tiga hari telah habis. Justru Sumbar kekurangan vaksin. Jadi kalau ada yg mengatakan capain vaksinasi di Sumbar rendah, itu sangat tidak tepat,” tegasnya.

Jasman berharap, semoga kasus meninggal akibat Covid-19 di Sumbar semakin menurutn dan diharapkan tidak ada lagi yang meninggal akibat Covid-19.

“Semuanya itu tentu juga karena kepedulian semua pihak. Pemda kabupaten kota, tenaga kesehatan yang bekerja luar biasa, pers yang selalu nyinyir mengedukasi ma­­sya­rakat. Dan yang terpenting telah munculnya kesadaran masyarakat untuk me­laksanakan prokes dengan baik dan benar,” terangnya.

“Mari laksanakan pro­kes yang ketat, saling mengingatkan, divaksin dan jangan lupa selalu berserah diri kepada Allah SWT. Jangan lengah. Waspadalah selalu terhadap Covid-19.

Sebelumnya Jasman menyampaikan, total sampai Rabu (1/9), telah 86.914 orang masyarakat Sumbar terinfeksi covid-19. Terjadi penambahan 202 orang positif terinfeksi Covid-19.  Sementara, yang sembuh bertambah 333 orang, sehingga total sembuh 79.614 orang. Sementara yang meninggal bertambah tujuh orang.

Penambahan 202 positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan 2.379 sampel swab oleh Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dokter Andani Eka Putra. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional