Menu

Kasus COVID-19 Anak di Indonesia Termasuk Tertinggi di Dunia

  Dibaca : 71 kali
Kasus COVID-19 Anak di Indonesia Termasuk Tertinggi di Dunia
M Ali Ramdhani

JAKARTA, METRO–Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyebut awal­nya ada anggapan bahwa COVID-19 tidak bisa menyerang anak-anak karena memiliki imunitas tinggi. Tidak sedikit pihak menye­but kasus COVID-19 hanya me­nya­­sar orang tua karena tingkat imunitasnya tidak sebaik anak-anak. “Ternyata dugaan itu seka­rang salah,” kata Muhadjir saat menghadiri Rakornas KPAI secara virtual, Rabu (30/6).

Eks rektor Universitas Muham­madiyah Malang, Jawa Timur itu mengatakan saat ini penularan COVID-19 di usia anak-anak ma­suk kategori tinggi.  Ada 12,6 per­sen dari total kasus COVID-19 di Indonesia per 29 Juni 2021 menya­sar anak usia 0-18 tahun. Perin­cian­nya 2,9 persen kasus terjadi di usia 0-5 tahun dan 9,7 persen terjadi di anak usia 6-18 tahun.

Dari kasus COVID-19 terhadap anak, sebagian membutuhkan perawatan. Perinciannya 3,1 per­sen berusia 0-5 tahun dan 10,4 per­sen berusia 6-18 tahun. “Menurut Ketua IDAI, kasus COVID-19 pada anak di Indonesia sekitar 11 sampai 12 persen termasuk kasus anak yang tertinggi di dunia. Sebaran kasus COVID-19 anak ini terjadi di seluruh provinsi,” ujar Muhadjir.

Dia pun meminta Komisi Perlin­dungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan perhatian khusus pada kasus Covid-19 klaster anak-anak.

Dialihkan untuk Penanganan COVID-19? “Mari gerakkan ta­ngan-tangan KPAI di daerah untuk tu­run di lapangan dan tidak hanya mem­buat laporan,” ungkap eks Men­teri Pendidikan dan Kebu­da­yaan (Mendikbud) itu. (ast/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional