Menu

Kartu JKN-KIS Penting bagi Masyarakat untuk Berobat 

  Dibaca : 75 kali
Kartu JKN-KIS Penting bagi Masyarakat untuk Berobat 
KARTU JKN— Rabiatul Adawiyah, memegang kartu JKN-KIS dan penghargaan juara 1 PSM tingkat Sumbar di depan Rumah Umat Desa Swa-JKN Nagari Taram.  (ramadalius/posmetro)

LIMAPULUH KOTA, METRO  – Rabiatul Adawiyah, pelopor sekaligus penggerak Desa Swa-JKN Nagari Taram. Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) ini telah berhasil menggugah kesadaran masyarakat di Nagari Taram arti pentingnya memiliki kartu JKN-KIS untuk berobat. Ada 442 jiwa ikut program Desa Swa-JKN. Seluruhnya adalah masyarakat yang tidak terkaver dengan program PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari APBD Daerah dan APBN. Mereka juga bukan orang-orang yang kaya. Sehingga dengan edukasi yang dilakukan Rabiatul Adawiyah bersama relawan di Rumah Umat (Posko) dan relawan Sosial “PELITA” ratusan masyarakat ini peduli dengan program JKN-KIS hingga bergabung dengan inovasi Desa Swa-JKN.

Melalui relawan “PELITA” yang terus berjalan kaki mengetuk door to door rumah-rumah masyarakat untuk mengedukasi, menginformasikan program JKN-KIS, satu persatu masyarakat bergabung dengan program Desa Swa-JKN. Hebatnya, tim relawan membantu masyarakat mulai dari nol.

“Kita uruskan KK, KTP dan dokumen kependudukan lainnya. Kemudian baru kita daftarkan sebagai peserta program JKN-KIS. Relawan bekerja siang malam, mulai dari sosialisasi, mengedukasi, menyiapkan data, mendaftarkan jadi peserta, menyediakan celengan hingga menjemput iuran dari rumah kerumah,” sebut Pelopor Desa Swa-JKN Nagari Taram, Rabiatul Adawiyah.

Bahkan 442 jiwa anggota Desa Swa JKN semuanya tidak pernah telat apalagi nunggak bayar iuran BPJS Kesehatan. Karena masyrakat diberi celengan dan diminta untuk mengisi minimal 1000 rupiah perhari. Diakhir bulan, Tim relawan datang menjemput iuran, masyarakat tinggal menyerahkan iuran.

Kerja keras Rabiatul Adawiyah bersama Tim relawan “PELITA” membuahkan hasil, tahun 2019 ini Rabiatul Adawiyah menjadi juara 1 tingkat Sumbar sebagai PSM terbaik. Dan sedang mengikuti penilaian tingkat Nasional. Peluangnya untuk menang ditingkat nasional sangat besar. Karena dia bersama relawan berhasil mengedukasi masyarakat.

Rabiatul Adawiyah, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta program JKN-KIS. Menurutnya, dengan memiliki kartu JKN-KIS, masyarakat memiliki jaminan kesehatan. Kapanpun ingin berobat kefasilitas kesehatan tinggal datang dan pulang tanpa membayar sedikitpun.

Kemudian, difasilitas kesehatan perawat atau dokter juga akan langsung memberikan pengobatan jika seseorang memiliki kartu JKN-KIS, sebab sudah ditanggung pembayarannya oleh BPJS Kesehatan. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional