Menu

Kapolri Minta Sumbar Perkuat Strategi Mitigasi Covid-19

  Dibaca : 199 kali
Kapolri Minta Sumbar Perkuat Strategi Mitigasi Covid-19
KUNJUNGAN KERJA— Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Barat, Jumat (13/8).

PADANG, METRO–Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Barat (Sumbar). Dalam kunjungan itu, orang nomor 1 di Kepolisian dan TNI ini memimpin rapat penanganan dan pengendalian Covid-19 ber­sama dengan Forkopimda Sum­bar, Jumat (13/8).

Dalam arahannya, Sigit me­minta Forkopimda Sumbar untuk melakukan penguatan strategi mitigasi Covid-19, dibeberapa tem­pat seperti pasar dan warung makan.

Tujuannya agar roda perekonomian warga tetap bergerak, namun laju per­tum­buhan virus corona dapat ditekan.

“Strategi mitigasi pada sektor-sektor yang dila­kukan pelonggaran harus dilakukan. Sehingga ekono­mi rakyat dapat berjalan, namun laju penyebaran Covid-19 tidak kembali meningkat,” kata Sigit saat memberikan pengarahan ke Forkopimda Sumbar.

Mantan Kapolda Ban­ten ini menekankan, di te­ngah Pandemi Covid-19, pere­konomian Indonesia saat ini mulai tumbuh sebe­sar 7,07 persen. Seme­n­tara, Sumbar meningkat sekira 5,76 persen.

Dengan adanya hal itu, Sigit menyebut bahwa momentum pertumbuhan eko­­nomi dewasa ini men­cer­minkan optimisme Indonesia bisa bangkit di tengah Pandemi Covid-19. Sebab itu, kata Sigit, selu­ruh elemen masyarakat harus sama-sama men­jaga sektor kesehatan agar perekonomian masyara­kat bisa terus bangkit.

“Momentum pertum­buhan ekonomi ini harus kita jaga dengan kese­hatan sebagai modal da­sar. Jika kasus Covid-19 bisa ditekan, pertumbuhan ekonomi dapat kembali berjalan normal,” ujar eks Kabareskrim Polri ini.

Strategi mitigasi atau pengendalian Covid-19 yang harus diperkuat an­tara lain, protokol keseha­tan yang ketat seperti 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga ja­rak), penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). Dan terakhir, adalah melakukan akselerasi atau percepatan vaksinasi.

“Prokes ketat 3M, stra­tegi mitigasi pada sentra ekonomi kerakyatan dan penerapan prokes kawa­san, edukasi dan ops Yus­tisi untuk memastikan ke­patuhan terhadap prokes, dan penyekatan untuk me­ngu­rangi mobilitas masya­rakat,” ucap Sigit.

Sigit menambahkan, penguatan 3T agar dapat bergerak cepat menangani warga yang terpapar virus corona. Selain itu, pada strategi ini, Forkopimda juga diimbau untuk me­ningkatkan Bed Occupancy Rate (BOR) dan lokasi iso­lasi terpusat (isoter).

“Peningkatan BOR dan lokasi isoter juga harus dipersiapkan untuk meng­antisipasi lonjakan kasus agar terkendali,” kata Sigit.

Lebih lanjut, Sigit mene­kankan untuk Forkopimda melakukan sosialisasi pan­duan isolasi mandiri (iso­man) kepada masyarakat, agar dapat mengurangi fatalitas sebelum men­dapatkan penanganan di fasilitas kesehatan.

Kendati begitu, Sigit tetap mengimbau kepada masyarakat yang terpapar virus corona untuk men­jalani perawatan di Isoter. Mengingat, kata Sigit, hal itu lebih baik karena bera­da di bawah pengawasan tenaga kesehatan (nakes).

“Namun tetap diuta­ma­kan isolasi di isoter karena dalam pengawasan nakes. Lakukan koordinasi dan perencanaan terhadap ke­bu­tuhan oksigen untuk menjaga ketersediaan dis­tri­busi oksigen di RS Ru­jukan Covid-19 pada selu­ruh wilayah,” tutur Sigit.

Sementara terkait de­ngan program vaksinasi, Sigit menyebut, seluruh elemen di Sumbar harus bersinergi dan berko­labo­rasi untuk mengejar target Presiden Joko Widodo (Jo­kowi) terkait dengan vak­sinasi 2 juta per hari.

“Untuk mengejar target vaksinasi 2 juta dari Bapak Presiden agar For­kopimda berkoordinasi ter­kait pelaksanaan vaksinasi di lapangan yang dilakukan se­cara bersama-sama TNI-Polri, Dinkes Puskes­mas, dan relawan,” ujar Sigit.

Tak hanya itu, Sigit me­nyam­paikan agar Forko­pim­da segera mengha­bis­kan stok vaksin. Serta, la­ku­kan perekrutan elemen masya­rakat untuk mening­katkan jumlah vaksinator. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional