Close

Kapolres Serap Aspirasi Warga Buluh Kasok

SALURKAN BANTUAN— Kapolres AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi salurkan bantuan material ke Masjid Nurul Hidayah.

SIJUNJUNG, METRO–Membantu percepatan pembangunan Masjid Nurul Hidayah, Nagari Buluh Kasok, Kecamatan Lubuk Tarok, Polres Sijunjung menyalurkan bantuan ma­terial bangunan. Bantuan dari personel Polres itu diserahkan langsung Ka­polres AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi SH SIK MH kepada pengurus mas­jid.

Selain mengantarkan bantuan untuk masjid, Kapolres yang didampi­ngi Kapolsek Lubuk Tarok, Akp Admi Raflis SH juga menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat di Kecamatan Lubuk Ta­rok.,Jumat (10/9).

Pada pertemuan deng­an masyarakat itu, warga Kecamatan Lubuk Tarok berharap agar pembinaan dan sosialisasi tentang hukum bisa dilakukan untuk di daerah tersebut. “Tolong bina dan arahkan kami untuk menjadi ma­syarakat sadar hukum. Baik itu tentang narkoba dan hal lainnya, sehingga kami bisa paham dan tahu apa saja yang boleh dan dilarang oleh hukum,” tutur Asrul, Ketua LPM NagariSALURKAN–Kapolres AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi  salurkan bantuan material ke Mas­jid Nurul Hidayah, Nagari Buluh Kasok. endo/posmetro Buluh Kasok.

Meski demikian, Kecamatan Lubuk Tarok yang terdiri dari 6 nagari serta pada umumnya masya­rakat bergerak di sektor pertanian, memiliki situasi Kamtibmas yang cukup aman dan kondusif.  “Ke­arifan lokal masih terjaga, dimana semua persoalan terlebih dahulu akan diselesaikan ditingkat ninik mamak, sebelum masuk ke hukum positif,” tutur Walinagari Buluh Kasok.

Findra Febri, perwakilan dari pemuda dan pe­lajar Nagari Buluh Kasok menyampaikan, perlu a­da­nya sosialisasi serta pemahaman hukum terkait UU ITE di tengah masya­rakat. “Kami ingin mengetahui bagaimana menggunakan media sosial yang benar, seperti ba­tasan yang diatur oleh undang-undang. Karena sekarang ini hampir semua generasi muda memiliki HP, sehingga sangat rawan bersentuhan deng­an UU ITE,” sebut Findra.

Selain tentang hukum, masyarakat juga me­nyam­paikan aspirasi agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Buluh Kasok bisa dilakukan. “Kalau ada program vaksin tolong kami di Nagari Buluh Kasok dijatahkan. Karena keterbatasan akses, vaksinasi disini masih minim,” ujar Findra.

Kapolres Sijunjung AK­BP Muhammad Ikhwan Lazuardi mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di Lubuk Tarok. “Berkat u­paya tersebut menjadikan Kecamatan Lubuk Tarok termasuk derah yang kondusif. Kasus kriminalitas pun lebih rendah,” terang Kapolres.

Hal itu, lanjut kapolres, berkat kearifan lokal yang terjaga dengan baik, serta kesadaran hukum yang dimiliki masyarakat. “Ka­mi berjanji nantinya kegiatan sosialisasi hukum di kecamatan ini akan dilakukan. Situasi yang kondusif ini harus tetap dijaga ber­sa­ma,” tambah Kapolres. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top