Menu

Kapolres Pasaman jadi Khatib Idul Adha

  Dibaca : 52 kali
Kapolres Pasaman jadi Khatib Idul Adha
KHATIB— Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin saat bertindak sebagai khatib pada Shalat Hari Raya Idul Adha di Masjid Raya Jihad Ambacang Anggang Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, Minggu (11/8). (amir mahmud/posmetro)

PASAMAN, METRO – Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin SAg bertindak sebagai imam sekaligus khatib pada Shalat Hari Raya Idul Adha di Masjid Raya Jihad Ambacang Anggang Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, Minggu (11/8).

Dalam khotbah Idul Adha yang berjudul Berqurban Adalah Kunci Kesuksesan, dihadapan ratusan jamaah shalat idul Adha, AKBP Hasanuddin memaparkan arti pentingnya berkurban bagi umat muslim. Dimana berkurban sebagai salah satu bentuk keimanan, ketakwaan serta kecintaan umat Islam kepada Allah SWT.

Usai melaksanakan salat Idul Adha, AKBP Hasanuddin berharap umat Islam mengetahui arti pentingnya Hari Raya Idul Adha. “Bukan hanya bersifat seremoni saja kita rayakan, melainkan kita bisa mengambil hikmah dari perayaan tersebut. Kita bisa berqurban mengalahkan hawa nafsu sehingga kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujarnya.

Ia berharap umat Islam khususnya, bisa melawan hawa nafsu untuk menjauhi segala yang dilarang oleh agama dan hukum. “Kita mestinya memahami arti pentingnya Hari Raya Idul Adha ini,” ungkapnya.

Dijelaskannya, berkurban di Hari Raya Idul Adha juga memiliki beberapa keutamaan atau manfaat diantaranya, berkurban dapat mendekatkan diri pada Allah. Berkurban dapat mencerminkan sikap taat dan berserah diri pada Allah.

Selanjutnya terang AKBP Hasanuddin, dengan berkurban rasa kemanusiaan dan sosial akan semakin tergugah. Sebab makna berkurban adalah untuk bersedekah, memberikan sebagian harta pada fakir atau yang membutuhkan. Allah pun akan mengangkat derajat manusia, sesuai dengan amal dan ibadahnya masing-masing.
Kemudian kata dia, hewan yang telah dikurbankan akan menjadi saksi manusia semasa hidupnya dan akan jadi kendaraan di akhirat. “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan,” ucapnya.

Lebih lanjut, AKBP Hasanuddin juga menyampaikan pesan dari Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs Fahrizal M Hum yakni, mengajak semua elemen masyarakat Sumbar untuk menjauhi narkoba. Sebab narkoba itu sangat merusak akhlak dan moral serta jiwa. Untuk itu, ia mengajak warga untuk memperkuat iman dengan lebih mendekatkan diri kepada sang Khalik. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional