Menu

Kapolres Bahas Potensi Konflik Pilkada, Ajak Semua Pihak Ikut Mengantisipasi

  Dibaca : 115 kali
Kapolres Bahas Potensi Konflik Pilkada, Ajak Semua Pihak Ikut Mengantisipasi
BAHAS POTENSI KONFLIK— Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan didampingi Wakapolres Kompol Andi Sentosa dan Kasubag Humas Iptu Nasrul Nurdin bahas potensi konflik Pilkada Sijunjung dengan wartawan.

SIJUNJUNG, METRO
Waktu pemilihan kepala daerah (Pilkada) semakin dekat. Sejumlah hal yang berpotensi memicu terjadinya konflik ditengah masyarakat Kabupaten Sijunjung menjadi atensi bagi Kapolres AKBP Andry Kurniawan. Polres Sijunjung dan jajaran tengah mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi yang bisa mengganggu situasi Kamtibmas jelang masa pemilihan, termasuk pada tahapan Pilkada berlangsung.

Hal itu dibahas AKBP Andry Kurniawan yang didampingi Wakapolres Sijunjung, Kompol Andi Sentosa dan Kasubag Humas Iptu Nasrul Nurdin bersama sejumlah jurnalis yang bertugas di Kabupaten Sijunjung, Rabu (11/11).

Kapolres mengajak agar jurnalis berperan aktif untuk menjaga situasi tetap kondusif selama Pilkada. “Mari kita bersama-sama untuk berperan menjaga situasi kondusif ini. Peran dan fungsi media sangat besar disana. Apalagi dengan situasi politik yang saat ini mulai panas,” tutur Kapolres.

Selain menjaga situasi, pihaknya berharap agar wartawan terus memberikan edukasi politik dan sosialisasi terkait aturan selama Pilkada kepada masyarakat. “Sosialisasi ini perlu dilakukan secara masif. Agar pemahaman terkait aturan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Sehingga potensi konflik bisa dicegah,” tutur Andry.

Pihaknya menyampaikan, setidaknya ada beberapa hal yang bisa memicu konflik di Pilkada. Diantaranya, persoalam tapal batas daerah kabupaten di Kamang Baru. Hak pilih warga di daerah transmigrasi. Antisipasi money politik dan puncak situasi politik yang kian memanas.

“Kita berusaha agar hal ini jangan sampai terjadi. Tentunya dengan langkah pencegahan yang perlu dilakukan. Disisi lain, kita juga akan bentuk tim yang akan disebar disetiap kecamatan yang ada untuk pengamanan. Terutama pencegahan potensi konflik tadi,” ungkap Kapolres.

Kapolres pun menegaskan agar setiap unsur yang ada untuk bisa melakukan pengawasan agar Pilkada berjalan sukses dan lancar. “Ini butuh peran kita semua. Jika ada pelanggaran yang ditemukan, laporkan saja. Kita di polres, kalau itu memenuhi unsur pidana akan diproses,” tegas Kapolres. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional