Menu

Kapolda Kukuhkan Kepengurusan Pokdar Kamtibmas

  Dibaca : 311 kali
Kapolda Kukuhkan Kepengurusan Pokdar Kamtibmas
PENGUKUHAN— Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto bersama Forkopimda mengukuhkan kepengurusan Pokdas Kamtibmas tingkat Sumatera Barat.

PADANG, METRO
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto mengukuhkan kepengurusan Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas tingkat Sumbar di salah satu hotel berbintang di Kota Padang, Rabu (29/7). Nantinya, Pokdar Kamtibmas tingkat kabupaten/kota juga akan dilantik oleh Polres masing-masing.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, dalam upaya untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif sejatinya diperlukan jumlah anggota Polri yang sebanding dengan jumlah masyarakat atau satu banding 300. Yaitu dengan pengertian, satu polisi memberikan pelayanan maksimal kepada 300 masyarakat.

“Namun jumlah yang demikian sampai sekarang masih belum terpenuhi, sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” kata Irjen Pol Toni.

Irjen Pol Toni berharap, dengan terbentuknya Pokdar Kamtibmas Sumbar, kehadirannya dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat. Terutama dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengindentifikasi akar masalah dan pemecahan masalah melalui Alternative Dispute Resolution (ADR) dengan mengedepankan kearifan lokal.

“Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang permasalahan kamtibmas mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata. Serta sosialisasi tentang peraturan perundang – undangan lainnya,” ucapnya.

Dengan telah terbentuknya Pokdar Kamtibmas tingkat Sumbar, Irjen Pol Toni memerintahkan kepada para Kapolres sejajaran Polda Sumbar setelah acara ini untuk segera mengukuhkan Pokdar Kamtibmas tingkat kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan/nagari bersama Bupati/Walikota dan seluruh unsur forkopimda. Kemudian melaporkan hasilnya pada kesempatan pertama.

“Kepada Dirbinmas selaku Pembina Pokdar Kamtibmas dan para direktur fungsi operasional untuk memberikan arahan kepada anggota Pokdar Kamtibmas tingkat provinsi dan kabupaten/kota sehingga dapat memahami tugas pokok, fungsi dan peran serta prinsip-prinsip Pokdar Kamtibmas termasuk kewajiban maupun larangan selaku anggota Pokdar Kamtibmas. Berikan materi cara penyelesaian masalah dan pembinaan penyuluhan kepada masyarakat secara berjenjang,” ujar Irjen Pol Toni. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional