Menu

Kapolda Klaim Pemilu di Sumbar Kondusif

  Dibaca : 125 kali
Kapolda Klaim Pemilu di Sumbar Kondusif
CEK TPS— Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal melakukan pengecekan ke beberapa TPS yang ada di Kota Padang, Raby (14/4).

PADANG PASIR, METRO – Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal memastikan pemilihan umum (Pemilu 2019 di Sumatera Barat berjalan aman dan situasi Kamtibmas masih dalam kondisi kondusif. Hal itu dibuktikan dengan antusiasnya masyarakat yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Situasi secara umum Sumatera Barat seperti kita saksikan bersama sangat kondusif. Sampai saat ini lancar semua, tidak ada masalah. Masyarakat bisa memberikan hak pilihnya ke TPS dengan aman dan damai,” kata Irjen Pol Fakhriza, usai melakukan pengecekan sejumlah TPS di Kota Padang, Rabu (14/4) siang.

Irjen Pol Fakhirzal didampingi pejabat utama, melakukan pengecekan langsung ke-4 TPS seperti di kawasan Padang Pasir, di Klenteng KecamatAn Padang Barat, dan satu TPS di kawasan Ulakkarang, Padang Utara. Pada kesempatan itu, Kapolda memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan aman.

“Saya sudah keliling ke TPS, dan saya melihat langsung bagaimana kondisi TPS. Alhamdulillah semua berjalan lancar, aman dan damai, sesuai dengan apa yang kita harapkan. Untuk pemilih juga antusiasnya sangat luar biasa dan TPS ramai,” ungkap Irjen Pol Fakhrizal.

Irjen Pol Fakhrizal menjelaskan, tingginya antusias masyatakat, juga dibuktikan dengan berdasarkan keterangan petugas TPS, mereka sudah datang ke lokasi sejak pukul. 07.00 WIB. Bahkan, pencoblosan sudah terlaksana 50-60 persen.

“Dari jam 7 sudah hadir mereka. Sudah ada yang 50 persen, 60 persen selesai. Mudah-mudahan nanti siang (kemarin-red), jam 12 jam 1 sudah selesai ya. Itu yang kita harapkan dan tidak ada gangguan apapun,” ungkap Irjen Pol Fakhrizal.

Irjen Pol Fakhrizal menuturkan, dari 34 provinsi di Indonesia, Sumbar berada pada rangking 26 untuk tingkat kerawanan. Artinya, Sumbar merupakan daerah yang kerawanannya terendah sekala nasional.

“Jadi, kalau itu kerawanan yang ada di Bawaslu setelah kami cek itu ndak ada. Sumbar bukan kerawanan ketiga. Sumbar itu rangking ke-26 dari 34 provinsi di Indonesia, paling rendah. Daerah kita kan daerah aman, kondusif. 2 tahun 4 bulan saya jadi kapolda tidak pernah ada konflik. Itu menandakan daerah ini (Sumbar) sangat aman,” jelas Irjen Pol Fakhrizal.

Irjen Pol Fakhrizal menegaskan, yang menjadi atensi pihaknya adalah menjaga stabilitas keamanan Sumbar. Jika daerah aman, kondusif, maka pembangunan menjadi lancar. Untuk itu pihaknya mengajak semua masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Sumbar tetap kondusif.

“Kita menghimbau semua parpol, caleg, baik pilpres, pileg, untuk siap menang dan siap kalah. Siap terpilih dan siap tidak terpilih. Terimalah hasil dengan lapang dada tanpa membuat konflik. Agar stabilitas keamanan di Sumbar tetap terjaga,” pungkas Fakhrizal. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional