Menu

Kapolda: Kejahatan di Sumbar Turun selama Ramadhan dan Lebaran

  Dibaca : 576 kali
Kapolda: Kejahatan di Sumbar Turun selama Ramadhan dan Lebaran
Irjen Pol Toni Harmanto, Kapolda Sumbar

PADANG, METRO–Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyatakan situasi kamtibmas di wilayah hukumnya selama Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah dalam kondisi kondusif. Hal itu dibuktikan dengan terjadinya penurunan tindak pidana dan kriminalitas.

“Pada prinsipnya, garis besarnya, menurun semua angka kejahatan di semua tempat (wilayah Sumbar. Menurunnya angka tindak pidana itu tidak lain hadirnya para personelnya di tengah masyarakat. Apalagi kita juga melangsungkan Operasi Ketupat Singgalang. Sehingga kesempatan untuk melakukan kejahatan juga akan diurungkan pelaku,” kata Irjen Pol Toni harmanto, Kamis (20/5).

Meskipun begitu, Irjen Pol Toni belum bisa merincikan secara detail persentase angka penurunan tindak pidana di Sumbar selama Ramadan dan Idul Fitri tersebut. Pasalnya, dalam waktu dekat, pihaknya akan melaksanakan rapat evaluasi terkait pelaksanaan operasi-operasi dan pencaian.

“Baru kami evaluasi untuk beberapa hari ke depan ini untuk capaian tadi. Yang pasti alhamdulillah tidak ada kasus yang menonjol. Palingan kejahatan yang bersifat konvensional seperti pencurian dan curanmor,” ujarnya.

Sebelumnya, Kota Padang selaku ibu kota Sumbar, penurunan gangguan kamtibmas ini sangat signifikan selama Ramadan dan Idul Fitri. Menurut Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, dari analisa pihaknya, penurunan angka kejahatan mencapai 90 persen dari tahun lalu.

“Jadi faktor penurunan kasus ini salah satunya banyaknya pelaku tindak pidana kami tangkap. Sebelum Ramadan sudah banyak kami tangkap,” ungkapnya.

Kompol Rico menuturkan, pihaknya setidaknya mengungkap 20 kasus tindak pidana selama Ramadan. Mayoritas, para pelaku juga berhasil ditangkap.

“Tahun lalu bisa dikatakan penangkapan kurang, aksi tindak pidana banyak. Kalau sekarang penangkapan banyak dari laporan lama, tapi aksi kejahatan saat Ramadan dan lebaran kurang,” tuturnya.  (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional