Close

Kapasitas Bundo Kanduang Nagari Gadut Ditingkatkan

PENINGKATAN KAPASITAS— Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Bundo Kanduang.

AGAM, METRO–Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang meng­gelar pelatihan peningkatan kapasitas Bundo Kanduang di aula kantor Wali Nagari Gadut,  Rabu (8/6). Kegiatan itu dibuka Camat Tilatang Kamang Ridwan. Turut dihadiri sebagai narasumber, Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Bundo Yenni Andri Warman.

Camat Tilatang Kamang Ridwan menyebutkan,  digelarnya kegiatan pelatihan SDM bagi bundo kanduang ini guna memperbaharui ilmu pengetahuan dalam melaksanakan peranannya sebagai “limpapeh rumah nan ga­dang” di era modernisasi dan digitalisasi. “Melalui pelatihan ini diharapkan bundo kanduang dapat tampil dengan perannya di tengah kehidupan mengi­kuti zaman, namun tetap berpijak pada nilai budaya Minang yang termodifikasi dalam bentuk sumbang duo baleh,” ujar Ridwan.

Ridwan berharap, peran bundo kanduang semakin dirasakan masya­rakat, sehingga budaya Minangkabau di Kabupaten Agam, khususnya di Gadut tetap lestari.

Sementara itu, Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam Bundo Yenni Andri Warman meminta, Bundo Kanduang Nagari Gadut maupun Bundo Ka­duang di Agam secara keseluruhan harus mampu meningkatkan kapasitasnya sebagai ibu sejati dan melestarikan adat budaya Minangkabau. Maka hen­daknya organisasi ini memiliki program yang kong­krit, pengurus yang solid dan sekretariat yang memadai.

Menurut istri bupati itu, secara harfiah mempunyai arti Ibu Sejati yang mempunyai peran yang berpengaruh terhadap perkemba­ngan dan pelestarian budaya alam Minangkabau.

“Fungsi Bundo Kanduang dalam kaum terlihat dalam kiasan Limpapeh Rumah Nan Gadang, amban paruik, ka pai tampek batanyo, ka pulang tampek babarito, payuang panji dalam sarugo,” ungkap Bundo Yenni. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top