Menu

Kanwil DJKN Riau Sumbar Kepri Gelar Workshop Jurnalistik

  Dibaca : 938 kali
Kanwil DJKN Riau Sumbar Kepri Gelar Workshop Jurnalistik
RPW (38), warga Koto Langang, Kenagarian Punggaaan Timur, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan diamankan Polsek Lengayang Polres Pessel, usai korban R (40) melapor ke Polsek Lengayang. 
Kepala KPKNL Padang Muhammad Syukur didampingi Kabid Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN RSK Syukriah HG membuka acara Workshop Jurnalistik III di Kantor KPKNL Padang

Kepala KPKNL Padang Muhammad Syukur (kanan) didampingi Kabid Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN RSK Syukriah HG (tengah) membuka acara Workshop Jurnalistik III di Kantor KPKNL Padang

PADANG, METRO–Pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumbar dan Kepri (DJKN RSK) mendapatkan ilmu baru. Jika biasanya disibukkan dengan laporan keuangan dan aset kekayaan negara dan lelang, kali ini mereka mendapatkan ilmu jurnalistik. Bahkan, diharapkan mampu menghasilkan berita, layaknya seorang wartawan.

Sebanyak 25 orang dari 5 kantor vertikal DJKN RSK, yaitu Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam, KPKNL Dumai, KPKNL Pekanbaru, KPKNL Bukittinggi dan KPKNL Padang mengikuti Workshop Jurnalistik III. Kegiatan digelar di Gedung KPKNL Padang, Jalan Jati, Padang, Rabu-Jumat (11-13/11).

Kepala KPKNL Padang Muhammad Syukur yang membuka acara menyebutkan, workshop jurnalistik ini, memang menjadi ciri khas DJKN RSK. Karena, dari sejumlah DJKN yang ada, hanya di lingkungan inilah digelar. Katanya, kegiatan sarat manfaat, karena ilmu jurnalistik, dekat dengan informasi tekhnologi, yang harus dikuasai.

”Di zaman saat ini, mereka yang menguasai dunia, adalah yang menguasai teknologi informasi. Bukan lagi yang menguasai pertanian atau memiliki mesin-mesin dan industri,” kata M Syukur didampingi Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN RSK Syukriah HG.

Menurut M Syukur, DJKN merupakan salah satu unit Eselon I di Lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang berdiri sejak 9 tahun lalu. Berbeda dengan Dirjen lain, yang sudah berdiri puluhan tahun. ”Kami ingin, mereka yang ikut workshop, menjadi wartawan internal, dan memerkenalkan DJKN lebih luas. Seperti di web atau portal internal, atau di media lain,” katanya.

Kabid KIHI Syukriah menambahkan, workshop diselenggarakan Bidang KIHI DJKN RSK untuk ketiga kalinya. Dia mengharapkan, peserta yang mengikuti, mampu menguasai tiga materi utama yang diberikan nantinya. Yaitu penulisan jurnalistik baik artikel, berita, media daring, dan pres relis. Pemateri yang dihadirkan, adalah Pemimpin Redaksi POSMETRO Padang, Reviandi.

”Alhamdulillah, acara berjalan baik. Peserta terlibat Tanya jawab yang intens dengan narasumber. Kami merasa, para peserta sudah mulai paham dan mampu memulai ‘tugas’ jurnalistik mereka. Karena, peserta yang datang, berasal dari bagian hubungan masyararakat (Humas) atau PR (public relations),” sebut Syukriah yang mengakui, produktivitas berita pada portal berita internal DJKN masih harus ditingkatkan.

Selain jurnalistik, peserta juga mendapatkan ilmu mengenai public speaking dari dosen Universitas Riau (Unri). Materi ini penting, karena, seorang yang bekerja di bidang Humas atau PR, harus mampu menguasi ilmu public speaking, karena akan berhadapan dengan orang banyak.

Menurut Syurkaih, peserta juga mendapatkan materi penyusunan naskah video, praktik pengambilan foto/video yang diberikan jurnalis dan kameramen TVRI Sumbar. ”Terakhir materi tentang video/film editing dan instalasi video editing. Disertai dengan praktik pembuatan film dan evaluasi praktik,” sebut Syukriah lagi. (o)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional