Menu

Kantor KAN Nagari Aia Batumbuak Diresmikan

  Dibaca : 268 kali
Kantor KAN Nagari Aia Batumbuak Diresmikan
PERESMIAN— Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menandatangani prasasti peresmian, Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Aia Batumbuak, akhir pekan lalu. Turut hadir Camat Gunung Talang, Wali Nagari Aia Batumbuak, Ketua KAN Aia Batumbuak, Wali Nagari Koto Gadang Guguak, serta BMN Nagari Aia Batumbuak.

AIA BATUMBUAK, METRO
Setelah selesai dibangun beberapa waktu yang lalu, Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Aia Batumbuak akhirnya diresmikan oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM pada akhir pekan lalu. Turut hadir Kabag Humas, Camat Gunung Talang, Wali Nagari Aia Batumbuak, Ketua KAN Aia Batumbuak, Wali Nagari Koto Gadang Guguak, serta BMN Nagari Aia Batumbuak.

Diawal kesempatan, Bupati mengucapkan selamat dan terima kasih kepada masyarakat Aia Batuambuak yang telah mendirikan kantor kelembagaanya, serta berharap kantor ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka menata kehidupan masyarakat. Dapat diketahui bahwa, balai balai adat atau kantor Kerapatan Adat Nagari itu sendiri digunakan oleh niniak mamak, para pemangku adat dalam membicarakan kehidupan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah.

Pada dasarnya, jika seorang Niniak Mamak ingin merubah kehidupan adat istiadat, adat nan salingka nagari biasanya akan dibicarakan di Kantor KAN. Hal yang tidak boleh diubah adalah adat yang sabatang panjang. Adat yang salingka nagari, boleh diubah, atas kesepakatan para niniak mamak dan bundo kanduang. Adapun adat sabatang panjang adalah adat yang pertama atau pusako yang turun dari mamak ke kamanakan, seperti suku yang turun menurut garis keturunan ibu.

Yuneldi diawal sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Bupati Solok sekaligus sebagai Ketua LKAAM. Yuneldi berharap setelah diresmikan nanti KAN bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Selanjutnya, Yuneldi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, tokoh masyarakat, bundo kanduang, PKK yang terlibat aktif dalam mensukseskan peresmian Balai Balai Adat Nagari Aia Batumbuak. Yuneldi menyebutkan bahwa, Wali Nagari siap memfasiltasi segala kekurangan serta agenda dan kegiatan yang akan dilakukan KAN, serta menegaskan bahwa Pemerintahan Nagari akan selalu transparan dan terbuka demi kemajuan Nagari Aia Batumbuak.

Alfon Satria dalam laporannya menyebutkan bahwa, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama seluruh unsur yang ada di nagari, baik itu Pemerintah Nagari, KAN, BPM, Bundo Kanduang, Pemuda dan seluruh masyarakat ikut aktif berpartisipasi untuk mensukseskan peresmian balai adat. Selaku panitia, Alfon juga mengucapkan terima kasih kepada perantau yang hadir dan seluruh masyarakat Aia Batumbuak. (rel)a

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional