Close

Kantor Baznas Padang Diresmikan

1-HLKantor baru Baznas  di jalan By Pass KM 12 Sungai Sapih
Kantor Baznas Padang di Jalan Bypass Seisapiah, Kuranji, Kota Padang.

SUNGAI SAPIAH, METRO–Tonggak sejarah kini disematkan oleh pengurus Baznas Kota Padang. Sebuah kantor megah dan representatif tuntas dibangun untuk melayani para mustahik.

Pemakaian gedung yang berada di Bypass Km 12, Kelurahan Sungai Sapiah ini diresmikan hari ini oleh Wali Kota Mahyeldi dan dihadiri oleh semua elemen. Mulai dari Kemenag, DPRD Kota Padang, SKPD Pemko Padang, unsure muspida, para relasi Baznas, para Mustahik dan muzaki serta tamu undangan lainnya.

Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso menyebutkan, gedung tiga lantai tersebut  dibangun dengan dana operasional Amil sebesar Rp6,5 miliar. Dana tersebut sudah termasuk tanah, gedung dan   berbagai fasilitas di dalamnya. Ketika Mustahik datang, semua informasi sudah tersedia di sana. Dan semua karyawan baznas akan melayani dengan ramah sesuai dengan moto pelayanan Baznas Padang. Yakni, senyum, melayani, aktif, ramah, teliti.

”Ini adalah titik bangkit Baznas Kota Padang untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik,” ujar Epi Santoso.

Selama ini, kata Epi, Baznas Padang sudah menjalankan berbagai program. Mulai dari  Religius, Padang Sejahtera, Padang Cerdas, Padang Peduli. Semua dana zakat yang dikumpulkan di Baznas dikelola dengan transparan dan akuntabel. Sebanyak 30 persen dana zakat telah dipergunakan untuk ekonomi produktif.

”Kita berharap bantuan dan binaan yang telah kita berikan pada pelaku usaha kecil saat ini, bisa hidup dan berkembang menjadi ekonomi produktif. Sehingga jika sekarang mereka menjadi mustahik, ke depannya bisa beralih status menjadi muzaki,” ujarnya.

Di sisi lain, saat ini, kata Epi, Baznas Padang juga fokus pada program bedah rumah sebagai representasi dari program Padang Sejahtera. Total rumah yang telah dibedah samai saat ini adalah sebanyak 81 unit. Selain bedah rumah, Baznas juga melakukan rehab rumah (atap, lantai dan dinding) sebanyak 47 unit. Jadi total  rumah warga tak mampu yang dibedah dan direhab dari Januari hingga Agustus oleh Baznas Kota Padang adalah sebanyak 128 unit. Sementara target tahun 2015 ini adalah sebanyak 170 unit.

”Insya Allah target khusus untuk bedah dan rehab rumah ini  bakal tercapai hingga akhir 2015,” ujar Epi.

Sementara itu, dalam rangka syukuran gedung baru ini, Bazas Padang  melakukan berbagai acara  social. Yakni pengobatan gratis bagi 1.000 orang masyarakat tak mampu, operasi bibir sumbing untuk 50 orang, donor darah, penyerahan paket belajar bagi siswa tak mampu di Kota Padang.

Dan rangkaian acara ini kemarin telah dimulai, kemarin dengan “mandabiah jawi” sumbangan dari relasi-relasi Baznas.

Ke depan, kata Epi, Baznas Kota Padang memiliki impian membangun klinik gratis bagi semua warga Kota Padang yang tak mampu. ”Mimpi kita adalah memiliki klinik gratis yang representatif. Mudah-mudahan bisa terwujud dalam waktu dekat,” ujarnya.

Sementara itu, LPM Kelurahan Sungai Sapih yang juga anggota DPRD Padang, Iswandi menyambut baik peresmian gedung baru Baznas. Ia berharap ke depan semua pengurus Baznas Kota Padang bisa meningkatkan pelayanan. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top