Close

Kantongi Surat Negatif Covid-19 bisa Masuk Perbatasan

TIM GABUNGAN—Tim gabungan yang menjaga perbatasan provinsi menetapkan jika mengantongi surat negatif Covid-19 bisa mudik.

SIJUNJUNG, METRO
Penyekatan akses jalan di perbatasan Provinsi Sumbar dan Riau dijaga puluhan personel gabungan. Daerah perbatasan itu terletak di Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung dan berbatas langsung dengan Kabupaten Kuansing.

Penyekatan itu sudah dilakukan semenjak beberapa hari terakhir, bertujuan untuk membatasi akses keluar masuk Sumbar dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Serta pelaksanaan operasi Ketupat Singgalang tahun 2021.

Penjagaan pos penyekatan perbatasan itu juga melibatkan personel dari satuan Brimob Polda Sumbar, anggota Polres Sijunjung, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes dan BPBD. Dan akan lebih difokuskan, 6-17 Mei. Selain pos penyekatan, OKS juga menyediakan dua posko pengamanan di Wilkum Sijunjung selama momen lebaran Idul Fitri 1442 H.

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan mengatakan, penyekatan perbatasan provinsi bertujuan untuk memastikan keamanan sesuai yang telah ditetapkan, terutama pencegahan penyebaran Covid-19. “Kita memastikan bahwa semua yang melewati jalur perbatasan itu memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Jadi bukan semata-mata melarang begitu saja,” ujar Andry.

Para pemudik yang hendak memasuki Sumbar diwajibkan memiliki surat keterangan hasil pemeriksaan negatif Covid-19. “Ada surat hasil PCR ataupun rapid test antigen. Kemudian menerapkan protokol kesehatan. Itu semua yang kita periksa di perbatasan,” kata Andry. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top