Menu

Kampung KB Bukit Karan jadi Objek Studi Tiru

  Dibaca : 637 kali
Kampung KB Bukit Karan jadi Objek Studi Tiru
KATA SAMBUTAN— Lurah Rawang, Andi Amir memberikan kata sambutan saat menerima kunjungan dari daerah lain ke Kampung KB Bukit Karan.

RAWANG, METRO
Geliat Kampung KB Bukit Karan, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, sebagai Kampung KB Mandiri, mendapat apresiasi dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok. Dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Zurnelli, rombongan berkunjung dan melakukan dialog terkait program dan kiat memajukan Kampung KB, Jumat lalu (18/12).

Zurnelli memuji serta mengapresiasi keaktifan Lurah dan tokoh masyarakat, serta partisipasi dan semangat masyarakat dalam mendukung program-program yang ada di Kampung KB.

“Team Work, ini yang luar biasa dari Kampung KB Bukit Karan. Lurah yang aktif, masyarakat yang giat dan penuh semangat serta dukungan tokoh masyarakat dan intervensi program dari lintas sektor merupakan nilai lebih yang membuat Kampung KB Bukit Karan menjadi Kampung KB percontohan di Kota Padang,” ujarr Zurnelly.

Menurutnya, BKKBN memang diamanatkan untuk melakukan pengembangan Kampung KB menjadi kampung berkualitas, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Menurutnya hasil kunjungan ini akan disampaikan kepada pimpinan dan pemangku kebijakan di Kota Solok untuk dapat memotivasi dalam menggenjot kinerja Kampung KB di wilayahnya.

Sementara Lurah Rawang Andi Amir didampingi Ketua Pokja Kampung KB Bukit Karan Iwan AP menjelaskan, hal utama adalah Lurah harus mampu memahami konsep berjalannya Kampung KB.

Menurut Andi, dengan memahami konsep maka akan mudah untuk meminta dinas-dinas melakukan intervensi program guna mendukung keberadaan Kampung KB. “Di sinilah peran Lurah, yakni meminta program kepada dinas-dinas, karena dengan memahami konsep jelas apa yang akan dilakukan serta apa sasaran yang akan dicapai,” tukas Andi.

Andi menambahkan sejak keberadaan Kampung KB di Bukit Karan, telah banyak intervensi program dari dinas. Baik itu berupa pembangunan fisik berupa perbaikan akses jalan, bantuan sarana dan prasarana melalui dana pokok pikiran dewan maupun bantuan rekanan, juga dilakukan pembinaan non fisik melibatkan dinas kesehatan maupun sosialisasi anti Nafza dari BNN.

Juga dilakukan pembekalan keterampilan dari dinas terkait sehingga nantinya Kampung KB Bukit Karan mampu menghasilkan produk bernilai ekonomis juga menjadi ikon Kampung KB itu sendiri.

“Banyaknya intervensi program dari lintas sektor serta dukungan BUMN, BUMD maupun dewan ini memang yang diharapkan Camat Padang Selatan Teddy Antonius melalui inovasi Bakaterasi (Bangun kawasan tertinggal dengan kolaborasi,” sebutnya.

Sebelumnya Kampung KB Bukit Karan juga telah menerima kunjungan dari rombongan DPRD Kepulauan Riau dan Kemenpan RB. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional