Menu

Kampung Bahari Nusantara Lantamal II Dibuka 

  Dibaca : 228 kali
Kampung Bahari Nusantara Lantamal II Dibuka 
TABUH GENDANG— Danlanatamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.M.M.M.Si (Han), Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ibu Endang Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Sumbar Bapak Audy Joinaldi dan Ibu Haryeni Mahyeldi saat menabuh gendang bersama dalam pembukaan KBN.

PADANG, METRO–Dengan menabuh gen­derang bersama antara Komandan Pangkalan U­tama TNI AL (Danlan­ta­mal)  II Laksamana Perta­ma TNI Har­gianto.S.­E.M.­M.M.Si (Han), Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ibu Endang Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Sumbar Bapak Audy Joinaldi dan Ibu Har­yeni Mahyeldi sebagai ke­tua Dewan Kerajinan Na­sional Daerah atau Dekra­nasda Kampung Bahari Nusantara atau KBN dires­mikan di Sungai Pisang Kota Padang, Kamis (17/6) kemarin.

Peresmian yang diha­diri oleh Forkompinda Pro­vinsi Sumbar diantaranya Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Danrem 032/WBR Arief Gajah Ma­da, Wakil Gubernur Sum­bar Bapak Audy Joinaldi, juga dari tokoh adat, tokoh masyarakat, Akademisi, BUMN, BUMD dan unda­ngan lainya.

“Kedelapan program ini sudah dikerjakan bebe­rapa waktu yang lalu. KBN ini merupakan program khusus dari TNI AL dari  Kepala Staf TNI AL, Laksa­mana TNI Yudo Margono.­S.E.,M.M.,merupakan ke­giatan pemberdayaan ma­syarakat maritim, untuk pembentukan Dah­wil­han­la,”sebut Danlanatamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto.

Disebutkan,institusi T­NI AL lainya juga sudah ada yang memulai dengan program unggulan lainya, tentu sesuai dengan karak­teristik wilayah sumber daya alam serta sumber daya manusianya

KBN Lantamal II di Ke­lurahan Sungai Pisang ini mempunyai delapan program unggulan antara lain, Rumah pintar, penanaman mangrove yang nantinya bisa di jadikan objek wisata, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) be­rupa tenunan, batik Eco Print, pembuatan tas bro­cat, Keramba Apung Ikan Kerapu yang merupakan terbesar di wilayah Sum­bar.

Selanjutnya, pelatihan Selam bagi pemuda sekitar Sungai Pisang, Bakti Kese­hatan Berupa Sunatan Mas­­sal, Penanaman Pohon yang Berguna Bagi Ma­syarakat Pesisir yaitu, po­hon Cemara Laut, Pohon Petai, Jengkol, Durian dan jenis pohon lainya yang bermanfaat  bagi masya­rakat nantinya dan terakhir pembuatan Gapura. Ga­pura ini di buat menuju daerah Sungai Pisang se­bagai pintu gerbang ke Kampung Bahari Nusan­tara atau KBN

Dengan Tema,   Mem­bangun Kampung Bahari Nusantara Sinergitas de­ngan Dewan Kerajinan Na­sional Atau Dekranas Me­nuju Wirahusaha Baru” .

“Makanya pada acara ini kita sengaja mengun­dang Tim dari Dekranas untuk membuka dan me­ninjau langsung acara kita ini. Tentu harapan kita dan harapan masyarakat Su­ngai Pisang, kedepanya harus mempunyai bentuk wirahusaha baru, sesuai dengan tema kita ini.”se­but Hargianto.

Disebutkan Hargian­to,m kegiatan KBN ini meru­pakan bentuk sinergitas TNI khususnya TNI AL dengan Rakyat, yang di dukung oleh Pemprov, Pem­ko, Pemkab, BUMN, BUMD dan pihak lainya.

Di akhir acara Ibu Nan­ny Hadi Tjahjanto dan Ibu Endang Budi Karya Sumadi berkesempatan mengun­jungi beberapa stand yang sudah di siapkan panitia, seperti stand Rendang, Tenun, Rumah Pintar, Daur Ulang dan lainya. Di Stand Rendang ibu Nanny dan Ibu Endang di suguhi ren­dang dan di beri kesem­patan untuk mengaduk ren­dang yang di masak oleh panitia di stand ren­dang. Selama kegiatan peres­mian KBN, tetpa di­lak­sa­nakan prokes Covid-19 yang ketap kepada para pendukung kegiatan serta masyarakat sekitar. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional