Close

­KAMMI Sumbar Nyatakan Sikap Jaga Toleransi, Persatuan dan Kesatuan

PERNYATAAN SIKAP— Nyatakan sikap dan komitmen jaga toleransi, persatuan dan Kesatuan serta wujudkan Hakamtibmas di Sumbar, Pengurus Wilayah KAMMI Sumbar dan PPSB dalam sebuah kegiatan FGD baru-baru ini.

PADANG, METRO–Perwakilan Wilayah  (PW) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menyatakan si­kap dan berkomitmen da­lam menjaga toleransi dan persatuan dan kesatuan serta stabilitas harkamtibmas di Sumatera Barat. Pernyataan sikap tersebut ditegaskan Ketua Umum PW KAMMI Sumbar dan dihadiri seluruh perwa­kilan pengurus daerah KAMMI se-Sumbar pada sa­at pe­laksanaan Focus Group Discussion (FGD) baru-baru ini di Kota Pa­dang.

Ketua Umum PW KAMMI Sumbar Syukran Novri Arfan yang didampingi Ketua  Pemuda Peduli Su­matera Barat (PPSB) Ikaldri menyebutkan, sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi penopang sandi-sandi bangsa di masa yang akan datang, para pemuda wajib mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. “Dengan memiliki tiga modal dasar yang membuat ia mampu disebut sebagai Agent of Cha­nge dan Agent of social control. Yaitu, kekuatan moralnya dalam berjuang karena pada intinya apa yang dibuat adalah semata-mata berlandaskan pa­da gerakan moral yang menjadi idealismenya da­lam berjuang,” kata Syukran.

Dia menuturkan pemuda merupakan suatu potensi bagi negara sebagai armada dalam kemajuan bangsa serta peran pemuda sangat penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan bang­sa Indonesia.  “Untuk itu kita sebagai pemuda Sumbar harus bisa menjadi pelopor dalam menjaga utuhnya jaringan toleransi di Sumatera Barat dan menjaga persatuan dan kesatuan, keberagaman dan perbedaan hendaknya tidak menjadi pemercik api konflik antara sesama pemilik bangsa besar Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia me­ne­rangkan dengan kemajemukan harusnya saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing elemen pemilik bangsa, se­hingga keberagaman bi­sa menjadi perekat bangsa menjadi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan berpijak serta betindak atas dasar kemauan sendiri.

Maka dari itu, Syukron menegaskan, Pengurus PW KAMMI Sumbar dan Pemuda Peduli Sumatera Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk secara aktif menjaga persatuan dan kesatuan de­ngan membangun toleransi antar umat beragama serta silahturahmi antar keberagaman, serta memberi teladan dimasyarakat dan dukungan kepada pemerintah dalam penegakan hukum sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

“KAMMI Sumbar mendukung penuh dan berkomitmen membantu peme­rintah Indonesia dan turut menjaga serta melindungi integritas kedaulatan NKRI. Kita berkomitmen mendukung penuh dan turut andil ikut membantu petugas keamanan dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat agar kondusifitas bangsa terus terjaga dengan baik,” pungkasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top