Close

Kalaksa BPBD  Sumbar Gelar Koordinas, Wujudkan Percepatan Pembangunan Balai Besar BNPB Regional Sumatera

TINJAU—Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Jumaidi bersama rombongan saat saat meninjau Balai Besar BNPB, kemarin.

PADANG, METRO–Kehadiran Balai Besar Logistik dan Kediklatan BNPB Regional Sumatera disambut baik pihak Pemerintah Provinsi Suma­tera Barat (Sumbar). Terkait hal ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Jumaidi, ligat untuk melakukan koordinasi dengan sejumlah pimpinan organisasi perangkat dae­rah (OPD) terkait. “Langkah ini untuk percepatan pembangunan Balai Besar BNPB Regional Sumatera sesuai arahan pimpinan,” sebut Jumaidi, Senin (10/1) saat meninjau Balai Besar BNPB itu.

Sesuai arahan Gubernur Sumbar, Mahyeldi, itu tuturnya, koordinasi ini demi percepatan mewujudkan Balai Besar BNPB Regional Sumatera. Apalagi, untuk pembangunan infrastruktur dibutuhkan la­han yang memadai.

Ia berpendapat, Balai Besar BNPB ini sangat besar fungsinya mengingat daerah Sumbar yang ra­wan bencana. Mulai dari bencana banjir, banjir bandang, longsor, gempa bu­mi, hingga tsunami. “Wila­yah lain juga menginginkan Balai Besar ini. Jadi kita harus sama-sama mewujudkannya, apalagi Sumbar sangat strategis, letaknya di tengah-tengah pulau Sumatera,” jelasnya.

Menurut Jumaidi, pembentukan Balai Besar BNPB Regional Sumatera ini juga didukung penuh Gubernur Sumbar. Dengan harapan penanggulangan bencana di Sumatera, khususnya Sumbar bisa lebih cepat dan efisien.

Demi mewujudkan ini, Jumaidi didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (KL), Rumainur, langsung berkoordinasi dengan Kepala Perwakilan UPT BNPB Sumatera, Bambang Warsito. “Balai Besar ini akan kita siapkan SDM untuk penanggulangan ben­­cana wilayah Suma­tera yang memadai dan profesional,” tutur Bambang.

Selain itu, mantan Kepala Dinas Sosial Sumbar ini juga koordinasi langsung ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Dae­rah (BPKAD) Sumbar, guna percepatan penyiapan lahan atau pembangunan Balai Besar BNPB yang diwacanakan.

Kemudian di lokasi berbeda, Kalaksa BPBD Sumbar juga menyambangi Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Syafrizal dalam rangka koordinasi terkait persiapan lahan untuk Ba­lai Besar BNPB Regional Sumatera tersebut. “Kita siap mendukung pemba­ngun Balai Besar BNPB Regional Sumatera ini,” ucap Syafrizal saat ditemui di ruangannya.

Diketahui, peralihan status dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) menjadi Balai Besar BNPB Regional Su­matera ini, dicanangkan pembangunan berbagai infrastruktur dan prasarana pendukung.

Pasalnya, Balai Besar BNPB ini nantinya, bukan hanya dikembangkan untuk gudang logistik, tapi juga sebagai pusat pendi­dikan dan latihan (diklat) kebencanaan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM). Sebelumnya, terkait persiapan Ba­lai Besar BNPB ini sudah disetujui dan dikunjungi langsung Sekretaris Utama (Sestama) BNPB, Lilik Kurniawan, Komisi VIII DPR RI, Gubernur Mahyeldi, dan Wagub Sumbar Audy Joinaldy, pada 2021 lalu. “Balai Besar ini nantinya akan langsung di bawah BNPB, yang sekaligus mendukung secara penuh pe­nanggulangan bencana di Sumatera,” jelas Lilik Kurniawan, Sestama BNPB wak­tu itu. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top