Close

Kalahkan Indonesia dan Korsel, Qatar Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Ilustrasi Piala Asia.

AFC resmi mengumumkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 pada Senin (17/10). Pemilihan Qatar dilakukan dalam Rapat Komite Eksekutif yang dipimpin langsung Pre­siden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

Qatar mengalahkan Indonesia dan Korea Selatan dalam proses pemilihan tuan rumah Piala Asia 2023. Presiden Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa me­nyebut, alasan pemilihan Qatar karena sudah punya pengalaman panjang meng­gelar turnamen internasional.

“Atas nama AFC dan keluarga sepak bola Asia, saya ingin mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) karena telah diberikan hak menjadi tuan rumah edisi Piala Asia mendatang,” kata Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

“Kemampuan dan rekam jejak Qatar dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional besar dan perhatian mereka yang cermat terhadap detail sangat dikagumi di seluruh dunia,” tegas pria asal Bahrain tersebut.

AFC dan QFA saat ini sedang berdiskusi untuk menentukan jadwal Piala Asia 2023. Penyelenggaraan turnamen ini berpotensi mundur ke Januari 2024 untuk menghindari udara panas.

Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa juga yakin Piala Asia 2023 akan berlangsung lancar di Qatar. Apalagi dalam waktu dekat Qatar juga akan menyelenggarakan Piala Dunia 2022 yang bisa menjadi tolok ukur.

“Mengingat waktu persiapan yang singkat, kami tahu kerja keras segera dimulai,” ucap Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

“Akan tetapi, dengan infrastruktur kelas dunia yang ada dan kemampuan menjadi tuan rumah yang tak tertandingi, kami yakin Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status mereka sebagai permata mahkota Asia,” tegas Shaikh Salman bin Ebrahim Al Kha­lifa.

Menjadi tuan rumah Piala Asia bukan menjadi yang pertama buat Qatar. Sebelumnya, Qatar pernah menggelar Piala Asia pada edisi 1988 dan 2011.

Adapun secara keseluruhan, ini menjadi edisi Piala Asia keenam yang di­gelar di Timur Tengah. Selain Qatar, Kuwait dan Uni Emirat Arab juga pernah menjadi tuan rumah Piala Asia.

Menjadi tuan rumah tentu merupakan tanta­ngan berat buat Timnas Qatar. Apalagi mereka merupakan juara bertahan Piala Asia. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top