Menu

Kakodai.com Diluncurkan, UMKM Garap Pasar Online

  Dibaca : 324 kali
Kakodai.com Diluncurkan, UMKM Garap Pasar Online
PASAR ONLINE–UMKM Sawahlunto garap pasar online setelah dluncurkan dalam memfasilitasi aktivitas jual - beli produk pelaku UMKM. ist

SAWAHLUNTO, METRO
Marketplace Kakodai.com, yakni platform toko online yang memfasilitasi aktivitas jual – beli produk dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Sawahlunto secara resmi telah diluncurkan, Rabu (1/7). Kini, selain melalui website, pembeli dapat berbelanja di Kakodai.com ini dengan mengunduh (download) aplikasi Kakodai itu di playstore.

Diluncurkan secara langsung Walikota Sawahlunto Deri Asta, peluncuran itu juga dihadiri Ketua Dekranasda Sumbar Ny Nevi Zuarina Irwan Prayitno dan sejumlah tokoh perantau Sawahlunto di Jakarta, Medan dan Padang yang tersambung melalui aplikasi konferensi virtual Zoom meeting online.

Walikota Deri Asta mengatakan, kehadiran Kakodai.com adalah kehadiran yang sangat dinantikan dan pas sekali dengan zaman dan momen saat ini. Mengiringi perkembangan ‘go digital’, maka marketplace Kakodai.com menjadi fasilitator UMKM Sawahlunto bergabung dalam ranah jual – beli online.

“Ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi pelaku UMKM kita dalam menjaring pasar baru yang lebih ramai dan luas. Pemasaran di segmen online ini juga teruji efektif dan efisien,” ujar Walikota.

Ditambahkan Walikota Deri Asta, ke depannya setelah produk dipasarkan melalui Kakodai ini, maka PR dari para pelaku UMKM selaku produsen produk adalah menjaga kualitas produk. Inilah yang mesti bisa dilakukan UMKM ‘Kota Arang’.

“Nanti, untuk menjaga kualitas produk ini, Dinas terkait harap membantu juga para pelaku UMKM kita. Bersama kita dorong agar UMKM Sawahlunto bisa bertahan eksis di pasar online ini,” tutur Walikota Deri Asta.

Kakodai.com ini, diceritakan oleh Ketua Dekranasda Sawahlunto, Ny. Neldaswenti Zohirin bermula dari musyawarah Dekranasda Sawahlunto bersama sejumlah anak – anak muda jago IT menyikapi trend jual – beli yang saat ini sudah bergeser pada segmen online. Didapatlah kesepakatan untuk membangun marketplace yang membantu UMKM Sawahlunto memasarkan produk secara online.

“Apalagi pada masa pandemi ini, memang masanya pula jual – beli itu melalui online. Jadi kita menangkap peluang besar yang bisa dimanfaatkan bagi produk UMKM kita,” kata Ny Neldaswenti Zohirin.

Untuk saat ini, UMKM Sawahlunto yang telah bergabung dengan Kakodai ini sebanyak 11 pelaku UMKM. Dalam waktu dekat, akan bergabung sekitar 40 pelaku UMKM lain.

Sejumlah tokoh perantau yang ikut dalam kegiatan peluncuran itu mengapresiasi positif dan menjanjikan siap berkontribusi mendukung promosi Kakodai. Bahkan, ada beberapa yang menyatakan bersedia untuk dihubungi lebih lanjut untuk membahas kerjasama lebih lanjut. Tokoh – tokoh perantau yang mengikuti tersebut adalah ; Zoelkarnain Oeyoeb, Irwan Husein, Jasyanto Sahoer, Idris dan Taufik Syamsir. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional