Close

Kakanwil Kemenag Sumbar Kagumi MTsN 2, Tahfiz jadi Standar Kelulusan

PENYAMBUTAN —Kanwil Kemenag Sumbar H Helmi disambut saat kunjungi MTsN 2 Payakumbuh, Sabtu (4/12).

TALAWI, METRO–Kedatangan Kepala Kan­tor Wilayah Kemenag Sumbar, H. Helmi beserta rombongan mengunjungi MTsN 2 Kota Payakumbuh, disambut dengan tari pa­sambahan dari siswa/i se­kokah setempat, Sabtu (4/12).  Kunjungan kerja H. Helmi ke madrasah yang terletak di jalan KH Ahmad Dahlan, Talawi, kenagarian Koto Nan Godang Kota Payakumbuh untuk meninjau kesiapan MTsN 2 Payakumbuh dalam pelaksana­an SKB untuk 11 CPNS kemenag Sumbar yang dipusatkan di madrasah itu.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi hadir di MTsN 2 Payakumbuh bersama Ketua DWP kemenag Sumbar serta didampingi Kepala Kankemenang Ko­ta Payakumbuh Ramza Husmen bersama Ketua DW unit serta Kasubbag TU, Mustafa disambut Kepala madrasah Asafil Kudri bersama pegawai dan pe­rangkat madrasah.  “Saya sangat kagum, disambut talempong, bansi, carano oleh siswa dan siswi. Di­sambut tari pasambahan dengan musik dimainkan sendiri. Artinya, tidak meng­gunakan kaset atau rekaman yang diputar dengan tape atau laptop. Ini harus dipertahankan Kepala madrasah dan diting­kat­kan,”u­cap Hel­mi kepada Kepala madrasah dan komite seko­lah.

Melangkah menuju labor komputer, Kakanwil Helmi mengingatkan agar jajaran Kankemenang Kota Payakumbuh selalu menjaga sinergitas dengan seluruh aspek. Jangan sampai mengelak atau tidak mau tau dengan sinergitas. Ka­rena madrasah butuh m­a­syarakat dalam memba­ngun, fisik madrasah dan membangun prestasi sis­wa dan guru madrasah. Tanpa dukungan masya­rakat, madrasah tiada arti­nya, madrasah lemah. Terutama membangun dima­sa pandemi saat ini.

“Sebagaimana laporan Kepala madrasah dan Ke­tua komite, bahwa fisik labor dan komputer lengkap dengan perangkatnya a­dalah wakaf dari wali murid. Termasuk sejumlah ruang belajar. Terbaru ada­lah pembangunan 5 ruang belajar di lantai II. Sebe­lumnya, 5 lokal di lantai I juga wakaf dari wali murid. Jadi, Kita wajib bersyukur kepada Allah, tingkat kepe­dulian masyarakat akan pendidikan agama sangat tinggi. Sebagai bukti syukur dan berterima kasih kepada masyarakat, kami perintahkan agar kita menjalankan tugas penuh tanggung jawab kepada Allah SWT, yakni penciptaan generasi muslim yang beriman, berilmu dan berakhlak mulia. Ini juga mulia bagi kita,” pesan Helmi.  “Jarang dijumpai di tempat lain, Lahan madrasah seluas 2hektar ini juga wakaf dan hibah dari masyarakat disini. Ini adalah bukti ke­pedulian warga akan pendidikan agama melalui ma­drasah,” imbuhnya.

Usai meninjau lokasi pelaksanaan SKB CPNS di MTsN 2 Payakumbuh, Kakanwil Helmi memastikan bahwa labor MTsN 2 Payakumbuh siap pakai. Diri­nya berpesan kepada Kepala Kankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MTsN 2 Payakumbuh serta panitia lokal, juga siap untuk bertugas. Termasuk pe­ngadaan energi cadangan kita ada kendala. “Berikan pelayanan terbaik agar pelaksanaan SKB CPNS berjalan dengan lancar. Ini terkait nama lembaga,” tegasnya.  Sebelumnya pada Kamis (2/12)), Ketua Panitia SKB CPNS dari Kanwil Kemenag Sumbar, Hj. Er­ma dan tim juga telah meninjau kesiapan labor komputer MTsN 2 Payakumbuh bersama Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Ramza Husmen.

Saat diwawancarai usai meninjau proses pengerjaan pembangunan ruang kelas baru, Kakanwil Helmi penyandang gelar doktor ini mengutarakan bahwa masyarakat bangga me­nyekolahkan anaknya di madrasah karena ada nilai lebih. Disamping pembelajaran umum ada pelajaran agama. Kedepan, dirinya berharap agar tahfidz ­sa­lah satu standar kelulu­san mendatang.  “Kita sa­ngat apresiasi, MTsN 2 Payakumbuh lahan luas dan memadai, siswanya pandai menari dan bermain musik tradisional, program tahfidz juga dijalankan. Ini adalah nilai jual yang harus kita tingkatkan sebagai bukti Trust (kepercayaan) masyarakat. Kami kagumi dengan sinergitas yang sudah terbangun di MTsN 2 Payakumbuh,” pungkas Helmi, kagum. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top