Menu

Kakanwil Ajak Santri Kembangkan Akhlak Tasamuh dan Moderat

  Dibaca : 84 kali
Kakanwil Ajak Santri Kembangkan Akhlak Tasamuh dan Moderat
Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat sampaikan pesan khusus bagaimana peran strategis Pondok Pesantren dalam membangun moderasi beragama.

SUMBAR, METRO
H Hendri Kepala Kanwil (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat sampaikan pesan khusus peran strategis Pondok Pesantren dalam membangun moderasi beragama.

Pesan itu disampaikan Kakanwil saat mengunjungi Pondok Pesantren Bustanul Arifin  dan Nurul Yakin Ambung Kapur , di Padang Pariaman, Selasa  (08/12).

“Belajar di pondok pesantren mesti sungguh – sungguh dan tunjukkan bahwasanya kita orang pondok pesantren adalah orang yang moderat atau tasamuf”, kata Kakanwil.

Dihadapan para santri, Kakanwil berkata menjadi santri harus memiliki akhlak yang terpuji salah satunya memiliki sifat tasamuh dan moderat.

“Tahukah kalian apa itu tasamuf, tasamuh adalah menjalankan pergaulan dalam  kehidupan sehari-hari dengan semangat tenggang rasa, toleransi atau saling hargai menghargai”, jelas Kakanwil.

Seorang santri, menurut Kakanwil harus mampu menghargai keberagaman dan menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat.

Selain itu Hendri juga menyampaikan motivasi sebagai santri jangan minder karena sampai saat ini telah  banyak alumni Ponpes  telah menunjukkan prestasinya.

“Telah banyak tokoh bangsa dari dunia santri, ada yang menjadi pahlawan bangsa, menjadi presiden/ wakil presiden, gubernur, walikota dan lain- lain’’, pungkas Kakanwil menyemangati para santri.

Ia juga berpesan dalam belajar di ponpes harus sungguh-sungguh, sabar dalam menuntut ilmu, beradab kepada guru dan orang tua, memberi manfaat kepada masyarakat dan ikhlas kepada Allah Subhallahu Taala.

Di akhir kunjungan Kakanwil  menyerahkan bantuan berupa Al Qur’an digital dan seperangkat alat kesenian kepada pimpinan Ponpes Ambung Kapur Sungai Sarik dan  Ponpes Bustanul Arifin. (hsb/rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional