Close

Kadivre PT KAI Sumbar Sambangi Kota Arang, Reaktivasi Jalur Kereta Api Dibahas

KUNJUNGI—Kadivre PT KAI Sumbar mendatangi Kota Arang Sawahlunto untuk menindaklanjuti rencana reaktivasi jalur kereta api.

SAWAHLUNTO, METRO
Walikota Sawahlunto Deri Asta SH bersama Sekdako DR dr Ambun Kadri MKM dan Kadis Perhubungan Nurwansyah Putra menerima Kepala Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat PT. KAI, Miming Kuncoro di Rumah Dinas (Rumdis) Walikota Sawahlunto, Senin siang (29/3).

Kedatangan Kadivre Sumbar, Miming Kuncoro atas rencana reaktivasi jalur kereta api dan permohonan penambahan lokomotif untuk Stasiun Kereta Api Sawahlunto. PT KAI cukup merespons rencana tersebut dengan baik dan akan segera menindaklanjuti permintaan yang diajukan, dengan menambah lokomotif untuk stasiun kereta api di Sawahlunto.

“Jika permintaan ini direalisasikan oleh PT. KAI maka lokomotif tambahan yang akan didatangkan itu akan menemani lokomotif uap legenda E 1060 Mak Itam yang saat ini sudah dalam kondisi siap jalan dan tinggal menunggu perbaikan rel dan reaktifasi jalur rel kereta api,” ungkap Wako Deri Asta disela sela acara.

Sebagai tambahan informasi, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI sedang melakukan proses tender untuk kegiatan reaktifasi jalur rel kereta, dari Stasiun Kereta Api Kampung Teleng, Sawahlunto sampai ke Stasiun Kereta Api Muaro Kalaban, Silungkang.

Bagi Sawahlunto, reaktifasi jalur ini sangat strategis dan penting karena dengan diperbaiki dan diaktifasinya kembali jalur ini maka lokomotif uap E 1060 Mak Itam dapat beroperasi dan berjalan kembali, sebagai penunjang wisata Kota Sawahlunto sebagai Warisan Dunia UNESCO. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top