Close

Kadisdik: Kebijakan Perluasan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Belum Ada di Kota Payakumbuh

DR Dasril Kadisdik Kota Payakumbuh.

PDG.KADUDUK, METRO–Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril, menyebut sampai saat ini belum ada kebijakan dari Pemerintah Kota Payakumbuh untuk memperluas vaksinasi untuk anak atau siswa SD usia 6-11 tahun. Bila kebijakan itu nanti ada, Disdik siap untuk melaksanakan.

Meski mengaku siap, Kadisdik berharap duku­ngan dari masyarakat te­rutama orangtua siswa/i Sekolah Dasar untuk mem­berikan izin kepada anak-anaknya untuk divaksinasi. Hal ini tentu guna menjaga anak-anak dari penularan virus corona. Di samping menciptakan herd immumity di­sekolah.

”Kebijakan perluasan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dari Pemerintah Kota Payakumbuh belum ada. Jika nanti ada kita siap melaksanakannya terhadap siswa se­kolah Dasar. Dan ini tentu untuk menaikkan immunitas terhadap anak. De­ngan itu mereka bisa konsentrasi belajar tatap mu­ka dengan kesehatan yang baik. Dan tentu perlu dukungan dari orangtua siswa,” sebut Dasril, ketika ditanya wartawan terkait adanya kebijakan pemerintah pusat terkait perluasan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 ta­hun.

Menurut Dasril, melihat vaksinasi yang dilakukan terhadap siswa usia 12 tahun ke-atas di Kota Payakumbuh yang sudah mencapai 90,72 persen semuanya berjalan baik dan lancar serta aman untuk kesehatan anak. Dia melihat, bila nanti kebijakan perluasan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun benar-benar ada, maka dirinya yakin orangtua siswa akan dapat mendukung sepenuhnya.

”Kalau kita melihat terhadap siswa kita yang berusia 12 tahun keatas yang sudah divaksin 90,72 persen, semuanya aman. Jadi kita berharap duku­ngan dari orangtua siswa jika nanti perluasan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun diberlakukan di Kota Payakumbuh,” harapnya.

Dia juga menyebut, bila nanti kebijakan perluasan vaksinasi bagi siswa SD berusia 6-11 tahun, maka ada sebanyak 81 Sekolah Dasar di Kota Payakumbuh dengan rincian 66 SD negeri dan 15 SD swasta. Dengan jumlah siswa SD Kota Payakumbuh 16.475 orang.

Saat ini disampaikan Dasril, untuk siswa usia 12 tahun keatas dari target vaksinasi 10.273 orang, sudah divaksin 9.320 orang dengan parsentasi 90,72 persen untuk dosis 1. Untuk jumlah siswa yang sudah divaksin dosis 2 berjumlah 6.685 orang dengan persentase 65,07 persen. Sementara jumlah siswa yang belum divaksin masih ada 1.953 orang lagi dengan alasan ada pe­nyakit bawaan dan alasan teknis. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top