Close

Kadis Sosial Kukuhkan FKPPA, Bupati Eka Putra Serahkan Bantuan

SERAHKAN—Bupati tanhdatar Eka Putra serahkan bantuan sosial ratusan juta rupiah.

TANAHDATAR, METRO–Kepala Dinas Sosial dan PPPA Kabupaten Ta­nah Datar H. Afrizon, S.Ag kukuhkan Forum Komunikasi Pengurus Panti Asuhan (FKPPA) Periode 2022-2027, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Nomor : 460/09/SOSIAL/2022 sekaligus penyerahan Bantuan Sosial oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM bagi panti asuhan di 14 kecamatan se Tanah Datar, Sabtu (16/7) di Indo Jolito Batusangkar.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra sampaikan apresiasi dan katakan itu yang pertama di Suma­tera Barat, “ini pertama di Sumatera Barat, kepengurusan ini dibentuk Dinsos dan PPPA guna mengakomodir, mempermudah ko­ordinasi, konsultasi, kerja­sama dan kemandirian panti-panti asuhan yang ada di Tanah Datar,” ucap Eka Putra.

Dikatakan Bupati Eka Putra, jika beberapa waktu lalu Ia bersama Isteri me­ngunjungi Panti Asuhan Aisyah untuk memberikan motifasi untuk terus bersemangat tak perlu minder, rajin beribadah, membaca Alquran hingga hafizh Al­quran, tekun belajar dan jangan sampai terpe­nga­ruh dengan efek buruk gadget atau smart phone karena akan dapat merusak akidah dan mental.

Kepada pengurus panti Bupati Eka Putra berpesan agar selalu menge­dukasi anak-anak panti untuk selalu menjaga diri terutama yang perempuan dan menjaga adab dan etika serta menjunjung tinggi martabat kaum perempuan Minangkabau.

Kekhawatiran Bupati Eka Putra dengan kemajuan teknologi jika tidak dibendung atau difilter di­sampaikannya, akan berpengaruh bagi generasi penerus tak terkecuali itu juga akan terdampak terhadap penghuni panti.

“Sekolah saat ini mungkin berbeda dengan se­kolah 3 atau 4 tahun yang lalu, handphone tidak di­perbolehkan dibawa ke sekolah, sekarang diharuskan pakai handphone dari itu bagaimana pengurus panti memberikan pendampingan kepada anak-anak agar tidak salah da­lam pemakaian dan juga pembatasan jam dalam pemakaian hand­phone, ”ujarnya.

Bupati Eka Putra juga minta pengurus panti asuhan untuk mendukung program pemerintah daerah Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah dan ini juga tentu akan lebih terakomodir dengan telah dikukuhkannya FKPPA tersebut se­hingga akan lebih mempermudah karena sudah ada wadah yang akan mempersatukan panti asuhan yang ada di Tanah Datar.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Afrizon mengatakan saat ini di Tanah Datar ada 14 panti asuhan yang tersebar di 14 kecamatan dian­taranya 2 terakreditasi A, 9 terakreditasi B dan 3 masih terakreditasi C.

“Untuk memaksimalkan keberadaan panti bagi penghuninya telah dibuat kesepakatan seluruh panti diantaranya jika anak panti keluar dari panti minimal memiliki 5 kriteria pertama hafizh alquran minimal 1 jus, bagi laki-laki juga wajib pandai azan dan imam shalat berjamaah, ketiga laki-laki dan perempuan pandai ceramah atau pidato, keempat pandai memasak dan kelima pandai membaca do’a,” ujarnya.

Terkait pemberian bantuan yang pada saat itu di­serahkan langsung oleh Bupati Eka Putra sebesar Rp 589.650.000,- dikatakan Afrizon ini juga satu-satunya di Tanah Datar Pemdanya yang masih mengalokasikan porsi APBD untuk panti asuhan yang dipergunakan untuk kebutuhan panti dan juga kebutuhan sekolah untuk anak-anak panti.  Turut hadir pada saat pengukuhan FKPPA dan pemberian bantuan tersebut Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah dan Sekretaris BKD Wina Martayeni. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top