Menu

Kadin Berupaya Dongkrak UMKM Berkembang

  Dibaca : 109 kali
Kadin Berupaya Dongkrak UMKM Berkembang
PROMOSIKAN—Ketua Kadin Alkautsar Akbar dan Lurah Saringan Mulyadi mempromosikan sandal songket dan biang Sorbat.

SAWAHLUNTO, METRO
Ketua Kadin Sawahlunto Al Kautsar Akbar bekerjasama dengan Lurah Kelurahan Saringan Kota Sawahlunto Mulyadi SAp mencarikan solusi bagi UMKN yang berasal dari warga Saringan yang terdiri dari Ibu Rumah Tangga (IRT) kreatif yang ingin meningkatkan ekonominya dengan memiliki penghasilan tambahan.

Ketua Kadin yang akrab dipanggil Lawang ini mengemukakan upaya upaya dari Kadin dalam mendongkrak penghasilan dari IRT dalam menghadapai sulitnya perekonomian saat ini. Saat ini pihaknya sedang mengfokuskan pada kerajinan pembuatan sandal sehari hari, terbuat dari limbah kain songket Silungkang. Sandal tersebut dikerjakan secara manual, dengan pembuatan pola dan pemotongan serta dijahit langsung oleh pengrajinnya.

“Dengan merosotnya ekonomi masyarakat Sawahlunto kita perlu memberikan kreatifitas yang inovatif dan bervariasi, salah satunya produk yang berupa turunan dan modifikasi dari kain songket Silungkang. Sehingga kita ingin agar masyarakat Sawahlunto dan sekitarnya paham bahwa songket bukan hanya dipakai untuk busana saja. Tapi juga bisa dimodifikasikan menjadi sandal sehari hari yang bisa dipakai dirumah, di perkantoran dan di perhotelan,” jelas Lawang.

Menurut Lawang, pihaknya harus meningkatkan dan mendorong UMKN Sawahlunto untuk maju dan berkembang, apalagi UMKN yang ada di Sawahlunto ini bisa menjadi sumber penghasilan utama penduduknya, maka Kota Sawahlunto akan cepat naik pertumbuhan ekonominya dan masyarakatnya tidak mengalami kesulitan ekonomi seperti saat ini.

“Seperti pengerjaan sandal ini, di produksi dirumah, sambil para IRT tersebut mengerjakan aktifitas rumah tangganya diapun dapat menambah penghasilan, kalau ini berkembang dan pemasarannya lancar otomatis akan menular pula pada IRT yang ada disekitarnya. Sehingga UMKN Sawahlunto bisa menjadi pilar ekonomi yang mumpuni dalam hadapi masa krisis ekonomi di pandemi Covid -19,” ujar Lawang di kantor Kelurahan Saringan, Kamis (24/9).

Lurah Kelurahan Saringan Mulyadi mengatakan, saat ini dengan tingkat kebutuhan akan fasilitas hidup yang meningkat tinggi, tapi tidak diiringi dengan penambahan pengahsilan sehingga memang IRT perlu turung tangan membantu para suami dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Berangkat dari itilah salah seorang warganya yang bernama Dola berinisiatif untuk membuat sandal sehari hari yang unik dan cantik, berbekal limbah songket dan keahlian otodidak dalam menjahit diapun mencoba memodifikasikan songket tersebut menjadi sebuah sandal yang unik dan cantik.

“Sebagai Lurah di Sa-ringan tentu kita sangant mendorong perkembangan UMKN seperti ini untuk peningkatan perekonomian warga kita. Dengan koordinasi bersama Kadin Sawahlunto kita akan mencarikan solusi untuk pemasaran sandal tersebut, untuk semen-tara sekitar Sawahlunto dulu. Perkenalkan produk Sawahlunto kepada masyarakatnya,” ujar Mulyadi.

Dia sangat apresiasi positif atas perhatian Kadin Sawahlunto atas peningkatan perekonomian warganya. Ditambahkan bahwa ada juga warganya yang produksi biang sorbat, yang terbuat dari bahan alami dan berkualitas baik digunakan dimasa pandemi Covid 19 saat ini. Menurut si pembuat sorbat Muharti Yang dalam seminggu habis 30 botol ukuran sedang dibeli oleh konsumennya.”Jadi di Kelurahan Saringan ini banyak potensi potensi UMKN yang harus dikembangkan karena masyarakatnya kreatif untuk meningkatkan perekonomiannya,” ujar Mulyadi.

Dola pengrajin sandal songket mengungkapkan bahwa niatnya untuk meningkatkan ekonominya dengan kerajinan sandal songket. Dan dia sangat mengapresiasi Kadin Sawahlunto dan Kelurahan Saringan mendukung produktifitas sandalnya dan bersedia membantu pemasarannya. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional