Menu

Kader PKK Pakan Kurai Ikuti Latihan Menjahit

  Dibaca : 483 kali
Kader PKK Pakan Kurai Ikuti Latihan Menjahit
BUKA PELATIHAN—Ketua TP PKK Bukittinggi resmi membuka pelatihan menjahit yang diikuti 20 kader PKK Pakan Kurai. (ulfa musriadi/posmetro)

BUKITTINGGI, METRO – Puluhan kader PKK kelurahan Pakan Kurai, mengikuti kursus atau pelatihan menjahit. Setelah menjalani pelatihan selama 24 hari, kegiatan itupun ditutup secara resmi oleh Ketua TP PKK Bukittinggi, di Aula Kantor Lurah Pakan Kurai, Kamis (28/11).

Lurah Pakan Kurai, menjelaskan, pelatihan menjahit ini, diikuti sebanyak 20 orang kader PKK di kelurahan Pakan Kurai. Peserta diberi pelatihan selama 24 hari dengan berbagai metode menjahit pakaian.

“Pelatihan ini menggunakan dana DAU Kelurahan Pakan Kurai. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat produktifitas dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi kaum perempuan di Kelurahan Pakan Kurai sekaligus menambah pendapatan kaum perempuan yang dapat membantu perekonomian keluarganya,” jelas Tomi.

Ketua TP PKK kota Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan, mengapresiasi pelatihan menjahit ini. Karena dengan kegiatan ini, masyarakat khususnya para peserta memiliki keterampilan menjahit yang dapat terua diasah dan menjadi salah satu peluang dalam meningkatkan perekonomian.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembangunan non fisik yang dilaksanakan pemko bersama PKK Bukittinggi. Pelatihan pelatihan seperti sudah sering dilakukan di setiap kelurahan, baik itu melalui PKK ataupun dasawisma. Tujuannya bagaimana memberdayakan kader khususnya para kaum perempuan untuk tidak monoton di rumah, namun bisa menjadi penunjanh dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga,” ungkap Yesi.

Ketua PKK berharap, setelah kursus menjahit ini, kedepannya para peserta dapat menularkan atau membagi ilmunya kepada tetangga dan juga masyarakat lain. Selain itu, diharapkan pada tahun depan pelatihan ditingkatkan ke level yang selanjutnya, seperti mulai dari desain dan juga pemasarannya.

“Sekarang sudah ada para kader yang bisa menjahit. Tentunya Lurah setempat bisa mengimbau kepada sekolah terdekat, agar memberikan order menjahit seragam kepada kader yang telah diberi pelatihan ini. Peserta pelatihan juga diharapkan dapat menguasai kemauan pasar sesuai dengan permintaan msyarakat dan kondisi yang ada,” ujarnya.

Pihak kelurahan juga diharapkan dapat memfasilitasi pembuatan show room untuk kelompok ini. Sehingga dapat menjadikan kelurahan Pakan Kurai, memiliki ciri khas sebagai kampung jahit yang akan menambah income dan menjadi tujuan wisata bagi wisatawan. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional