Menu

Kader PKK Berperan Putus Rantai Virus Corona

  Dibaca : 122 kali
Kader PKK Berperan Putus Rantai Virus Corona
PUKUL GONG— Pjs Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin memukul gong, tanda dibukanya acara PKK KB-Kes Pariaman.

PARIAMAN, METRO
Pjs Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, kemarin, membuka kegiatan rapat kesepakatan dan sekaligus mencanangkan kesatuan gerak PKK-KBKes tingkat Kota Pariaman untuk tahun 2020.

“Hari ini kita membuka rapat kesepakatan dan sekaligus mencanangkan kesatuan gerak PKK-KBKes tingkat Kota Pariaman untuk Tahun 2020.

PKK telah mampu menjalin kerjasama dengan OPD terkait untuk terus mengembangkan potensi dan jaringannya sehingga dapat menjangkau seluruh keluarga dan masyarakat, apalagi dimasa pandemi covid-19. ”PKK melalui kadernya telah banyak membantu mensosialisasikan agar tetap menjalankan protokol kesehatan untuk memutus rantai perkembangan covid-19,” ungkap Mardison Mahyuddin.

Kegiatan juga dihadiri oleh kadis Kominfo, Kadi pertanian, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Camat se Kota Pariaman, Kepala Desa kampung KB se Kota Pariaman dan Ketua PKK desa/lurah se Kota Pariaman. Ia berharap dengan adanya Kegiatan kesatuan gerak PKK, KB-Kes harus dijadikan momentum meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program keluarga berencana dan kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektoral. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengaktifkan kembali kader – kader di tingkat desa/kelurahan karena memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan serta memasyarakatkan perilaku keluarga hidup sehat di rumah tangga.

Sementara itu Plt.Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny.Indriati Mardison dalam sambutannya mengatakan bahwa kesatuan gerak PKK merupakan momentum yang strategis dalam menjadikan keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat sebagai tempat dimulainya revolusi mental karena keluarga wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter.

“Telah menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan Kota Pariaman untuk mempunyai derajat kesehatan yang baik dan pengendalian kelahiran yang terjaga. Indikatornya, terjadi penurunan angka kematian ibu hamil dan bersalin, penurunan angka kematian bayi, balita dan tentunya partispasi pasangan usia subur dalam program keluarga berencana,” ujarnya.

Kegiatan ini, jelasnya, untuk menyepakati dan mempersiapkan target KB, target kesehatan dan target PKK (dasawisma) serta bagaimana persiapan untuk mendukung kegiatan – kegiatan Pemerintah Kota Pariaman di bidang mensejahterakan perempuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Nazifah usai acara mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK), Kependudukan, Keluarga berencana, pembangunan keluarga dan kesehatan.

“Target yang harus dilayani menunjukkan bukti dan upaya dari PKK, KB dan Kesehatan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dan peningkatan peserta keluarga berencana. PKK dari sisi teknis bersifat memotivasi dan menggerakkan masyarakat sehingga mempunyai keinginan untuk ikut KB. Melalui kegiatan pencanangan ini, diharapkan seluruh pihak dapat berkontribusi nyata dengan melibatkan kelompok masyarakat untuk dapat meningkatkan taraf kesehatan, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi serta menjadi peserta KB,” ungkapnya. Ia berharap semua peserta yang mengikuti rapat dan pencanangan KB-Kes ini bisa bersinergi mewujudkan keluarga sejahtera di Kota Pariaman. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional