Close

Kabur saat Digerebek di Kota Payakumbuh, Residivis Sembunyikan Belasan Paket Sabu di Pohon Pisang

SITA SABU— Polisi menemukan belasan paket sabu yang disembunyikan di pohon pisang setelah menangkap pengedar berinisial YP (39).

PAYAKUMBUH, METRO–Dua kali dibui karena kasus narkoba, tak membuat seorang pria berstatus residivis berinisial YP (39), jera. Terbukti, Selasa (20/9) sekitar pukul 01.00 WIB, mantan napi itu kembali ditangkap Tim Satres­nar­koba Polres Payakumbuh.

YP yang yang meru­pakan warga Ranah, Kelu­rahan Koto Kaciak Kubu Tapak Rajo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh ini ternyata mengetahui kedatangan Tim Satresnarkoba, se­hing­ga mencoba kabur ke belakang rumahnya dan berusaha sembuyi di da­lam kebun jagung.

Meski sudah bersem­bunyi, tim yang dipimpin KBO Satresnarkoba, Ipda Duasa berhasil menang­kap pelaku yang sudah lari sejauh 300 meter dari ru­mahnya. Namun, saat di­tangkap, Polisi tidak mene­mukan narkoba jenis apa­pun dari tubuh pelaku yang digeledah.

Curiga pelaku sudah membuang barang bukti saat berusaha melarikan diri, petugas pun mela­kukan penyirisan di kebun jagung maupun sawah yang dilalui oleh pelaku. Hampir dua jam menyisir­nya, petugas pun akhirnya menemukan satu paket sabu yang sempat dibuang pelaku.

Setelah memiliki bukti untuk menjerat pelaku YP, petugas pun terus mengin­terogasi pelaku. Setelah terdesak, pelaku pun akhir­nya mengaku menyem­bunyikan belasan paket sabu siap edar dekat pohon pisang area kebun jagung ketika berusaha melarikan diri. Ketika dicek, ternyata sabu itu masih berada di dekat pohon pisang dan langsung disita sebagai barang bukti.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira melalui Kasat Resnarkoba, AKP Des­neri mengatakan, pe­nangkapan terhadap pela­ku YP ini berkat penyeli­dikan yang dilakukan pihak­nya terkait maraknya pere­da­ran sabu di wilayah Ke­ca­­matan Payakumbuh Utara.

“Dari hasil penyeli­di­kan, didapatkan informasi kalau pelaku YP yang men­jadi dalangnya. Apalagi, pelaku YP ini sudah dua kali keluar masuk penjara atas kasus yang sama. Se­telah memastikan pela­ku memiliki dan menyimpan sabu, kami bergerak me­lakukan penggerebekan di kediamannya,” ungkap AKP Desneri.

Hanya saja, ketika dige­rebek, dikatakan AKP Des­neri, pelaku berusaha me­la­rikan diri dengan cara berlari ke belakang rumah melewati sawah dan ber­sembunyi di kebun jagung. Setelah dilakukan penge­jaran, pelaku akhirnya ber­hasil ditangkap.

“Barang bukti kita aman­kan setelah tersangka me­ngakui masih menyimpan sabu di pohon pisang. Sabu belasan paket berbagai ukuran itu ia simpan dalam sebuah dompet. Kita juga mengamankan ratusan kan­tong plastik yang biasanya digunakan untuk mem­bungkus sabu,” jelasnya.

Menurut AKP Desneri, dalam penggerebekan itu, selain tersangka YP, pihak­nya  juga mengamankan tiga orang pria lainnya,  namun ketiganya diizinkan pulang setelah menjalani pemeriksaan di Mapolres Payakumbuh lantaran tidak terbukti terlibat dalam bis­nis haram yang dijalani tersangka. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top