Menu

Kabareskrim Buwas Dicopot? Kapolri: Masih Dibicarakan

  Dibaca : 1103 kali
Kabareskrim Buwas Dicopot? Kapolri: Masih Dibicarakan
COVID— Sejumlah tenaga kesehatan menangani pasien Covid-19 yang baru tiba di IGD.
Kapolri Jendra Polisi Badrodin Haiti mendapat kalungan bunga sebelum peresmian tugu Polwan di Bukittinggi

Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti mendapat kalungan bunga sebelum peresmian tugu Polwan di Bukittinggi, Selasa (01/09/2015).

JAKARTA, METRO–Sepak terjang Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Waseso sepertinya bakal tamat. Aksi-aksi kontroversial membuat pria yang akrab disapa Buwas ini terancam dicopot.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan mengaku, hingga kemarin dirinya belum mendengar keputusan pencopotan Buwas. Namun, mantan kepala Kantor Staf Presiden itu tampak tidak terkejut saat ditanya perihal kabar tersebut.

“Kalau itu betul, ya kira-kira begitu,” ujarnya saat ditemui usai sidang kabinet di Kantor Presiden siang kemarin (2/9).

Ketika ditanya apakah alasan pencopotan Buwas terkait dengan aksi-aksi kontroversialnya dalam penegakan hukum yang dinilai membuat gaduh, Luhut tidak menjawab terang-terangan. Namun, dia menegaskan jika presiden dan wakil presiden sudah memerintahkan agar seluruh penegak hukum tidak membuat kegaduhan.

“Kalau mau menindak secara hukum silahkan, tapi lakukan dengan arif, tanpa terlalu dipublikasikan,” katanya.

Isu pencopotan Buwas mulai bergulir kencang sejak tersiarnya kabar Presiden Jokowi bersama Wapres Jusuf Kalla memanggil Buwas ke Istana pada Selasa malam lalu (1/9). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan JK kabarnya memutuskan untuk mencopot Buwas.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pun tak memberi jawaban tegas seputar kabar pencopotan Buwas. Usai sidang kabinet paripurna dan para menteri meninggalkan Kantor Presiden, mantan Wakapolri itu sempat mengadakan pertemuan lanjutan dengan Presiden Jokowi.

Dicecar pertanyaan oleh wartawan usai pertemuan tersebut, Badrodin lebih banyak mengumbar senyum dan menjawab singkat. Menurut dia, rotasi perwira tinggi di Polri merupakan hal biasa. Namun, dia enggan menjawab tegas apakah posisi Kabareskrim termasuk yang akan diganti. “Masih dibicarakan,” ujarnya.

Yang jelas, menurut Badrodin, hingga kemarin siang, belum ada keputusan pergantian Kabareskrim. (owi/far/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional