Close

Kabar Gembira, Bawaslu Kota Payakumbuh Buka Pendaftaran untuk Panwascam

M.Khadafi

KUBUGADANG, METRO–Kabar gembira bagi warga Kota Payakumbuh. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh, membuka pendaftaran untuk Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang. Pendaftaran dan Penerimaan berkas pendaftaran panwascam dari tanggal 21 sampai dengan 27 September 2022.

”Dalam rangka pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kota Payakumbuh membuka kesempatan untuk masyarakat Kota Pa­yakumbuh untuk menjadi Panwascam. Dan kita umumkan persyaratan calon di media dan ditempel di Kantor Bawaslu Kota Payakumbuh di Jalan Jeruk,” sebut Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, M.Khadafi kepada wartawan di kantornya, Kamis (15/9).

Dikatakannya, pembentukan Panwascam ini merupakan salah satu tahapan persiapan yang diatur melalui keputusan Ketua Bawaslu RI No 314/HK.01.00/K1/09/2022 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan panitia pengawas pemilihan kecamatan dalam rangka Pemilu serentak tahun 2024.

Dalam keputusan itu juga mengatur jadwal tahapan pembentukan Panwascam antara lain, pengumuman pen­daftaran calon anggota panwascam 15-21 September 2022, pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota panwascam 21-27 September 2022. Kemudian pengumuman hasil pe­nelitian berkas administrasi calon anggota panwascam 12 Oktober 2022, tes tertulis 14-16 Oktober 2022, wawancara 18-22 Oktober 2022, dan pe­lantikan pan­wascam 26-28 Oktober 2022.

Dia menyebut, ada beberapa persyaratan calon anggota Panwascam diantara­nya pada saat mendaftar berusia paling rendah 25 tahun. Kemudian juga tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana 5 (Lima) tahun atau lebih.  Dan yang lebih pen­ting mempunyai integritas, ber­kepribadian yang kuat, jujur dan adil.  M. Khadafi, menyampaikan, selain itu juga berdomisili di wilayah kabupaten/kota yang bersangkutan dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) Elektronik.

“Tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar. Kemudian juga mengajukan surat lamaran yang ditujukan kepada kelompok kerja pembentukan panwaslu kecamatan se-Kota Paya­kumbuh.  ”Kelengkapan persyaratan calon anggota panwaslu kecamatan bisa diantarkan langsung ke-Kantor Bawaslu Kota Pa­yakumbuh. Dan kita juga sudah menempel pengumuman di kantor Bawaslu, jadi silakan diantarkan lamarannya pada jam dan tanggal yang sudah ditentukan,” ha­rap M.Khadafi yang dikenal dekat dan mudah diakses ka­wan-kawan wartawan di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota ini. (uus)   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top