Close

Kabar Gembira Bagi Tenaga Honorer, Kabupaten Limapuluh Kota dapat Jatah 904 Formasi

RAKOR—Bupati Limapuluh Kota Safaruddin didampingi Kepala BKPSDM saat mengikuti rakor dengan MenPAN-RB.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Kabar gembira bagi tenaga honorer di Kabupaten Lima Puluh Kota. Sebanyak 904 formasi pe­ngangkatan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 resmi diserahkan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, pada rapat koordinasi persiapan pe­ngadaan ASN di Jakarta, Selasa (13/9).

”Alhamdullilah, upaya pemerintah daerah untuk memperhatikan masa de­pan tenaga honorer terjawab, kita berterima ka­sih kepada pemerintah,  tahun ini daerah kita mem­peroleh formasi PPPK sebanyak 904 orang,  terdiri atas tenaga guru, kesehatan dan teknis,” kata Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuk Bandaro, bersyukur.

Lebih lanjut Bupati Safaruddin yang dihubungi wartawan mengatakan jumlah formasi masih dinamis bisa saja mengalami perubahan seiring waktu, namun yang menda­patkan porsi terbanyak tenaga guru. Untuk itu, dia berharap dengan perubahan status pegawai honorer menjadi ASN-PPPK, khususnya  tenaga guru dan tenaga kesehatan berimbas kepada pe­ning­katan pelayanan dasar di Kabupaten Limapuluh Ko­ta.

”Kita bersukur dengan peluang ini, pengabdian tenaga honorer yang su­dah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun, akhir­nya terakomodir dengan proses pengadaan PPPK kali ini, untuk itu kita minta tenaga honorer mempersiapkan diri,” pesan Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Plt Kepala BKPSDM A. Zuhdi Perama Putra mengatakan pihaknya diinstruksikan Bupati Safaruddin untuk mempelajari dan mem­persiapkan secara seksama proses penga­daan CASN Formasi Ta­hun 2022.

“Setelah petunjuk pe­laksanaan dan petunjuk teknis Kemenpan-RB kita terima, dengan arahan Bupati sesegeranya kita akan lakukan langkah-langkah persiapan,” ujar Ka. Plt BKPSDM A. Zuhdi Perama Putra.

Dikatakannya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah menetapkan sebanyak 530.028 kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) nasional tahun 2022 (data per 6 September 2022). Jumlah tersebut merupakan total dari pe­netapan kebutuhan untuk instansi pusat sebanyak 90.690 dan instansi dae­rah sebanyak 439.338. Kebutuhan daerah terinci sebanyak 319.716 PPPK Guru, 92.014 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 27.608 PPPK Tenaga Teknis. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top