Menu

Jumlah Pemilih Disabilitas di Kota Padang Tinggi, KPU Rancang TPS Khusus

  Dibaca : 128 kali
Jumlah Pemilih Disabilitas di Kota Padang Tinggi, KPU Rancang TPS Khusus
Riki Eka Putra

PADANG, METRO
Diperkirakan jumlah pemilih disabilitas di Kota Padang pada Pilkada Sumbar yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang sebanyak 1.540 orang. “Rinciannya, disabilitas fisik sebanyak 671 orang, disabilitas intelektual sebanyak 152 orang, disabilitas mental sebanyak 391 orang dan disabilitas sensorik sebanyak 326 orang, “ ujar Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Rabu (11/11) kemarin.

Untuk membantu pemilih tuna netra dalam menentukan hak suaranya, pihak KPU Padang akan menyiapkan alat bantu berupa templet braille. “Pelayanan untuk pemilih normal dan disabilitas berbeda. Nantinya di setiap TPS akan ada petugas yang membantu pemilih disabilitas mulai dari dia datang sampai selesai memilih dan kembali meninggalkan TPS, “ sebutunya.

Riki mengatakan tidak semua TPS ada pemilih disabilitas. Sementara itu untuk membuat TPS khusus disabilitas tidak mungkin, karena tidak ada dalam peraturan. “Sedangkan jika di TPS tersebut ada pemilih yang cacat fisik, maka TPS tersebut dirancang agar besar, tujuannya agar bisa dilewati oleh kursi roda dengan mudah, “ ungkapnya. Jumlah pemilih di Kota Padang yaitu sebanyak 613.513 orang. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat diikuti empat pasangan, yaitu Mulyani-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar dan Mahyeldi-Audy Joinaldi. “Para pemilih dan petugas nantinya diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kemudian pemilih diimbau untuk membawa masker dan pena sendiri,” ungkapnya. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional