Menu

Jumlah Kepala Keluarga Perempuan Cukup Besar, Perlu Diprogramkan Pelatihan Kewirausahaan di Kota Solok

  Dibaca : 442 kali
Jumlah Kepala Keluarga Perempuan Cukup Besar, Perlu Diprogramkan Pelatihan Kewirausahaan di Kota Solok
KUNJUNGAN ROMBONGAN BKKBN— Wali Kota Solok Zul Elfian menerima kunjungan rombongan kerja dari Kepala BKKBN Provinsi Sumbar.

SOLOK, METRO–Ketua TP PKK Kota Solok  Zulmiyetti Zul Elfian menilai, sebuah kenyataan yang dijum­pai di tengah masyarakat saat ini. Di mana jumlah perempuan kepala keluarga cukup besar, bahkan mencapai 50 persen. Angka tersebut di antaranya dari masyarakat kurang mam­pu dan dalam usia produktif (20-60 tahun).

Secara Nasional Perem­puan Kepala Keluarga yang digagas Komisi Nasional (Kom­nas) perempuan bertujuan untuk memberdayakan pe­rem­puan kepala keluarga. Tujuanya agar ikut berkon­tribusi dalam pembangunan di segala bidang sehingga tercip­tanya masyarakat sejahtera adil dan bermartabat.

“Untuk itu kita mesti me­ren­canakan dan mempro­gramkan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi ibu-ibu kepala keluarga dalam mem­berdayakan mereka secara ekonomi sehingga diharapkan mereka mampu mandiri dan mencari penghasilan tamba­han untuk menunjang eko­nomi keluarga,” ujar Zul Elfian.

Perempuan kepala ke­luar­ga merupakan perempuan yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluar­ganya dan merupakan tulang punggung bagi keluarganya.  “Bukan berarti mereka single parent, tetapi bisa saja mereka memiliki suami namun suami mereka tidak mampu membe­rikan nafkah diakibatkan kare­na sakit yang permanen se­perti stroke, lumpuh dan seba­gai­nya dan juga suami tidak bekerja atau menganggur se­hing­ga mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” kata Ketua TP-PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian.

Ia juga berharap, kepada peserta pelatihan kewirau­sahaan untuk dapat mengikuti pelatihan yang telah diberikan DPPPA Kota Solok untuk ber­sungguh-sungguh sampai se­le­sai. Sehingga bisa menam­bah keterampilan dan m­e­ningkatkan perekonomian. Selain itu dengan belajar ber­sama dapat memberikan man­faat dan motivasi bagi ibu-ibu dalam berwirausaha.

Sebelumnya, Dinas Pem­berdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok mengadakan pela­tihan kewirausahaan untuk perempuan kepala keluarga (Pekka) di kota Solok.

Kepala DPPPA Solok, Del­fianto mengatakan, tujuan pelatihan itu ialah untuk me­ningkatkan perbaikan pen­dapatan perempuan kepala keluarga. “Serta mening­kat­kan pengetahuan dan kete­rampilan, meningkatkan pe­ngem­bangan usaha ekonomi bagi perempuan kepala ke­luarga,” ujar Delfianto.

Ia menyebutkan peserta kegiatan pelatihan tersebut sebanyak 30 orang yang terdiri atas perempuan kepala Ke­luarga di Kota Solok. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional