Menu

Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring

  Dibaca : 74 kali
Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring
PALAPA RING— Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10). (ist )

JAKARTA, METRO – Palapa Ring telah rampung. Proyek pembangunan backbone jaringan serat optik nasional ini menghubungkan 514 ibu kota kabupaten atau kota di Indonesia. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada Senin (14/10) pagi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyinggung soal transisi dari era analog ke era digital. “Dunia saat ini sudah berubah dari era analog ke era digital. Teknologi digital sudah menerobos batasan jarak dan waktu. Oleh karena itu, internet cepat adalah keniscayaan yang harus dihadirkan di seluruh wilayah di Indonesia,” ujarnya demikian.

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo Rudiantara menyampaikan, Palapa Ring ibarat jalan tol. Dengan selesainya infrastruktur Palapa Ring, operator telekomunikasi bisa langsung membuat jalan-jalan lanjutan sendiri usai keluar dari jalan tol dan menghubungkan kepada masyarakat sekitar.

“Dengan peresmian ini, maka 514 kabupaten kota sudah tidak ada yang tidak terhubung dengan jalan tol,” jelas Rudiantara.

Rudiantara melanjutkan, jaringan Palapa Ring Barat sebenarnya sudah selesai tahun lalu. Sementara Palapa Ring Tengah selesai awal tahun ini. Adapun Palapa Ring Timur yang menghubungkan Papua, Maluku, NTT sampai Pulau Rote selesai paling bontot.

Rudiantara menyebut Palapa Ring Timur selesai paling akhir lantaran faktor geografis. Di wilayah Palapa Ring Timur, disampaikan pria yang karib disapa Chief RA itu, medannya cukup berat dan infrastruktur dasarnya yang belum banyak tersedia.

Menandai peresmian Palapa Ring, presiden dan menkominfo juga melakukan videoconference dari Istana Negara dengan para pejabat pemerintah daerah di Sorong (Papua Barat), Merauke (Papua), Rote (Nusa Tenggara Timur), Sabang (Nanggroe Aceh Darussalam), dan Penajam (Kalimantan Timur).

Turut hadir bersama presiden, startup dan entrepreneur muda dari Papua yang bergerak dalam berbagai bidang, seperti edukasi (pemberantasan buta huruf, pelatihan bahasa, antihoaks, dan diplomasi). Kemudian bidang energi, penerbangan, kuliner, dan seni. Kehadiran pemuda-pemudi Papua ini mewartakan peran internet yang telah digunakan dalam menunjang aktivitas mereka dan harapan mereka untuk pemberdayaan ekosistem ekonomi digital di Papua.

Sebagai informasi, nama Palapa dalam Palapa Ring diambil dari Sumpah Palapa yang dikumandangkan Patih Gajah Mada yang bertekad menyatukan Nusantara. Dengan tekad yang sama, pembangunan telekomunikasi dituntaskan dari Sabang sampai Merauke, dan Pulau Miangas sampai Pulau Rote.

Proyek Palapa Ring diumumkan oleh Pemerintah Indonesia pada 2005 pada Forum Infrastructure Summit I, namun mengalami beberapa kendala dalam pembiayaan dan pemilihan skema pengadaannya.

Pada 2015, pemerintah membuat terobosan melalui penetapan Peraturan Presiden tentang kerja sama pemerintah dengan badan usaha (Perpres 38/2015) yang memberikan alternatif pembiayaan proyek pembangunan melalui skema KPBU yang memungkinkan dimulainya pembangunan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring pada 2016. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional