Menu

Jokowi Putuskan Perpanjang PPKM Level 4, Pasar Rakyat Boleh Tetap Buka

  Dibaca : 145 kali
Jokowi Putuskan Perpanjang PPKM Level 4, Pasar Rakyat Boleh Tetap Buka
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 pada 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

JAKARTA, METRO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan kem­­bali memperpanjang Pem­berlakuan Pem­bata­san Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 pada 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 men­­datang. Keputusan ini di­­tem­puh setelah mela­ku­kan beberapa evaluasi ter­kait kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Saya memutuskan un­tuk melanjutkan pene­rapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai de­ngan 2 Agustus,” kata Jo­kowi dalam konferensi pers daring, Minggu (25/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, kebijakan pembatasan ke­giatan masyarakat yang telah dilakukan selama 23 hari terakhir, tak dipungkiri sudah mengalami per­bai­kan dalam pengen­dalian pandemi Covid-19. Terlebih khususnya pada jumlah keterisian tempat tidur pasien Covid-19.

“Saat ini sudah terjadi trend perbaikan dalam pengen­dalian pandemi Co­vid-19, kita tahu bed ocupa­ncy rate (BOR) dan positify rate mulai menunjukkan tren penurunan,” ujar Jo­kowi.

Hal ini sebagaimana terjadi di wilayah Jawa. Tetapi Jokowi meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati, dengan cara disiplin protokol kesehatan (prokes). “Kita harus tetap berhati-hati dalam meny­i­kapi tren perbaikan ini te­tap harus selalu waspada menghadapi varian delta yang sangat menular,” ungkap Jokowi.

Kepala negara pun me­ng­imbau, dalam menja­lan­kan pembatasan kegiatan masyarakat, aspek kese­hatan menjadi faktor uta­ma. Tetapi tidak lupa juga dengan aspek sosial dan ekonomi, yang memang sangat dibutuhkan mas­yarakat.

“Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama, aspek sosial ekonomi mas­yara­kat khususnya peme­nuhan kebutuhan hidup sehari-hari juga harus diprio­ritas­kan, dengan mem­per­tim­bangkan aspek kesehatan aspek ekonomi dan din­a­mika sosial, sehingga me­mutuskan untuk melan­jutkan PPKM level 4,” tegas mantan gubernur DI Ja­karta itu.

Tingkatkan Pemberian Bansos

Presiden Jokowi me­mastikan penyaluran ban­tuan sosial (bansos) ke­pada masyarakat ter­dam­pak pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mengu­rangi beban masyarakat menyikapi diberlakukan­nya Pemberlakuan Pem­ba­tasan Kegiatan Masya­ra­kat (PPKM) level 4, pada 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

“Untuk mengurangi be­ban masyarakat akibat pan­demi Covid-19 ini, Pe­me­rintah juga me­ning­kat­kan pemberian ban­tuan sosial untuk ma­sya­ra­kat dan ban­tuan un­tuk usaha mi­kro kecil,” kata Jo­kowi da­lam kon­fe­rensi pers­ daring, Minggu (25/7).

Jokowi juga menyam­pai­kan, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju akan menjelaskan rinci terkait penyaluran bansos tersebut. Hal ini akan di­tangani oleh Kementerian Sosial (Kemensos). “Pen­jelasan secara terperinci akan dilakukan oleh Menko atau menteri terkait,” pa­par Jokowi.

Pasar Rakyat Boleh Tetap Buka

Meski PPKM level 4 telah resmi diperpanjang, tetapi Pemerintah akan membuat kelonggaran se­cara bertahap di tengah penerapan kebijakan kali ini. “Terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan se­cara ber­tahap, de­ngan pelak­sa­na­an yang eks­tra hati-hati,” ka­ta Jokowi.

Jokowi me­nu­turkan, pa­sar rak­yat yang men­jual kebu­tuhan sehari-hari seperti sembako, di­per­bolehkan untuk buka se­perti pada biasanya. Tetapi harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Pasar rakyat yang men­jual selain kebutuhan po­kok sehari-hari, bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sam­pai dengan pukul tiga sore, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh peme­rintah daerah,” ucap Jo­kowi.

Jokowi ini lantas men­jelaskan secara rinci terkait usaha kecil yang diper­bo­lehkan untuk buka pada pe­nerapan kebijakan PPKM level 4.

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau atlet voucher, pangkas rambut, laundry, pe­da­gang asongan, bengkel kecil, cu­cian kendaraan dan usaha-usaha kecil lain yang se­jenis diizinkan buka dengan protokol kese­hatan yang ketat sampai dengan jam sembilan ma­lam,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi me­nyampaikan, usaha kecil diperbolehkan untuk buka pada penerapan kebijakan PPKM level 4. Bahkan ru­mah makan diizinkan un­tuk bisa makan di tempat de­ngan menerapkan pro­tokol kesehatan.

“Rumah makan, pe­da­gang kaki lima, lapak jaja­nan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kese­hatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit,” pungkas Jokowi. (jpg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional