Menu

Jokowi Pilih PPKM Mikro Ketimbang Lockdown

  Dibaca : 64 kali
Jokowi Pilih PPKM Mikro Ketimbang Lockdown
Joko Widodo

JAKARTA, METRO–Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengatakan banyak pihak mengusulkan kepadanya supaya mem­berlakukan lockdown atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Jokowi menga­ku menerima usulan ter­sebut, tetapi dia memutus­kan menerapkan pember­lakuan pembatasan kegia­tan masyarakat (PPKM) ber­skala mikro.

“Pemerintah telah me­mu­tus­kan PPKM mikro ma­sih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah, yaitu komunitas,” kata Jokowi melalui akun Setpres di YouTube, Rabu (23/6).

Menurut Jokowi, PPKM mikro ma­sih menjadi kebijakan yang paling te­pat untuk konteks saat ini. Dia mene­gaskan kebijakan itu bisa mengen­dali­kan Covid-19 tanpa mematikan eko­nomi rakyat. “Saya sampaikan bahwa PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat. Untuk itu tidak perlu dipertentangkan,” katanya.

Dia menambahkan apabila PPKM mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus Covid-19 bisa terkendali. Menurutnya, yang menjadi permasalahan, PPKM mikro saat ini belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat.

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepala daerah meneguhkan komitmen mempertajam penerapan PPKM mikro.

 “Optimalkan posko-posko Covid-19 yang telah terbentuk di masing-masing wila­yah desa atau kelurahan,” kata dia. Jo­kowi mengatakan fungsi utama posko ada­lah mendorong perubahan perilaku ma­syarakat agar disiplin memakai masker, men­jaga jarak, mencuci tangan, atau 3M. Kedisiplinan 3M menjadi kunci dan me­nguat­­kan pelak­sanaan 3T, yaitu testing tracing, treatment hingga ke tingkat desa. (tan/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional