Close

Jokowi Melantik Jenderal Andika sebagai Panglima TNI

LANTIK—Presiden Jokowiresmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

JAKARTA, METRO–Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11). Upacara pelantikan dibuka dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemberhentian Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI dan pengangkatan Jenderal Andika sebagai pemimpin angkatan bersenjata itu.

Setelah pembacaan Keppres itu, Presiden Jokowi mendiktekan pe­ngucapan sumpah jabatan terhadap Jenderal Andika.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurus­nya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden Jokowi yang diikuti Jenderal Andika. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit.

“Setelah pembacaan sumpah jabatan itu, Jenderal Andika dan Presiden Jokowi diminta untuk menuju meja penandatanganan berita acara pengangkatan sum­pah jabatan Panglima TNI.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga diminta untuk mendekati meja itu sekaligus meneken berita acara. Pihak pertama yang menandata­ngani dokumen tersebut ialah Andika. Lalu, Mahfud dan Prabowo meneken berita acara itu sebagai saksi. Kemudian, Jokowi ikut membubuhkan tanda tangan di dokumen penting itu.

Upacara pengangkatan Jenderal Andika ini dilakukan dengan undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.  Hadir sejumlah pejabat negara, di antaranya Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Presiden Kelima RI Megawati Soe­karnoputri, Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (tan/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top