Close

Jokowi Blusukan ke Nagari Paritmalintang Piaman

Jpeg
Presiden Joko Widodo bersama Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek melakukan kunjungan pembangunan dana desa di Parik Malintang, Kabupaten Padangpariaman, Kamis (08/10/2015).

PADANGPARIAMAN, METRO–Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), melakukan kunjungan ke Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Padangpariaman, Kamis (8/10) kemarin. Presiden Joko Widodo sesampai di Nagari Paritmalintang disambut Wali Nagari Paritmalintang H Syamsuardi dan semua lapisan masyarakat dan Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni.

Di Nagari Paritmalintang Jokowi yang akrab disapa Presiden RI ke 7 meletakkan batu pertama pembangunan ‘laga-laga’ (pentas untuk pertunjukan seni) didampingi Pj Gubernur Sumbar dan Bupati Padangpariaman. Kemudian Jokowi melanjutkan peninjauan pembangunan jalan Laksitardanus di Korong Pasa Limau.

Setelah itu, Joko Widodo dengan santainya mengelilingi jalan tersebut. Lebih kurang setengah jam berada di Nagari Paritmalintang mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan perjalanan ke Kota Bukittinggi. Namun, sebelum berangkat Jokowi sempat membagi-bagikan buku tulis kepada murid-murid SD saat itu.

Sebelum menaiki mobil sedan Presiden RI I, mantan Wali Kota Solo tersebut sempat melakukan wawancara dengan para awak media dengan pengawalan Paspampres. Saat itu Joko Widodo menyatakan, penyerapan anggaran desa atau nagari ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khusus di sekitar nagari ini.

Kenapa tidak, kata Joko Widodo, semua logistik yang dipergunakan untuk pembuatan tempat penampilan pentas seni ini di beli dari masyarakat sekitar lokasi pembangunan. Begitu juga pembangunan jalan yang dilaksanakan oleh masyarakat secara swakelola, ini harus ditingkatkan untuk kemajuan bangsa ini.

”Pemerintah Pusat berkomitmen untuk itu. Kita meminta kepada semua penguna anggaran tersebut dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga ekonomi masyarakat meningkat dan daerah maju. Namun demikian, dukungan semua masyarakat sangat menentukan untuk pelaksanaannya,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Paritmalintang H Syamsuardi menyatakan, nagarinya adalah nagari yang paling cepat memanfaatkan dana desa/nagari bersumber APBN. Dana tersebut dipergunakan untuk pembangunan dalam nagari ini, salah satunya pembangunan laga-laga dan jalan yang disaksikan Presiden saat ini.

”Semua dana yang kita pergunakan tersebut tertuang dalam APB Nagari Paritmalintang tahun anggaran 2015. Begitu juga untuk pembangunan lain yang ada dalam nagari kita ini,” tambahnya mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top