Close

Johnny G Plate Minta Masyarakat Indonesia Waspada

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

JAKARTA, METRO–Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebut angka penularan Covid-19 di Indonesia cenderung mengalami penurunan secara nasional.

Dia mengutip data WHO yang menyatakan Indonesia berada pada level I penularan Covid-19. Laporan Nikkei Indeks menyatakan pemulihan Indonesia terhadap pandemi berada di peringkat 41 atau tertinggi di Asia.

“Kasus konfirmasi positif di Jawa dan Bali mengalami penurunan hingga 99 persen dari puncak kasus pada 15 Juli yang lalu,” ujar Johnny dalam keterangan persnya, Selasa (9/11).

Namun, pria kelahiran Nusa Tenggara Timur tetap meminta masyarakat waspada menyikapi potensi lonjakan kasus akibat kelalaian menerapkan protokol kesehatan. “Peningkatan kasus masih bisa terjadi,” ujar Johnny.

Terlebih saat ini ada relaksasi PPKM yang berdampak pada kenaikan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi.

Peningkatan itu harus diwaspadai karena terdapat 34 persen kabupaten atau kota di Jawa dan Bali yang mobilitas masyarakatnya tinggi, tetapi tingkat vaksinasinya belum mencapai target. “Masyarakat harus tetap waspada dan belajar dari pengalaman negara-negara di Eropa yang mengalami lonjakan kasus akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” tegas Menkominfo.

Johnny menyebut saat ini ada lima provinsi yang disorot karena berpotensi terjadi lonjakan kasus yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

Di Jawa-Bali, tren kenaikan kasus terjadi di 43 kabupaten atau kota dalam sepakan terakhir. Johnny menuturkan bahwa pemerintah bergerak cepat mengidentifikasi dan melakukan intervensi jika ada potensi lonjakan kasus. (ast/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top