Menu

Jika Ingin Bertahan, UMKM harus Kreatif

  Dibaca : 109 kali
Jika Ingin Bertahan, UMKM harus Kreatif
Jika Ingin Bertahan, UMKM harus Kreatif

JAKARTA, METRO
Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bidang Hukum Prof. Henri Subiakto mengungkapkan, ditengah banyaknya tantangan dan persaingan, jika ingin kuat bertahan maka usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus kreatif dalam membuat konten atau produk yang berkualitas untuk konsumen.

“Hanya UMKM yang kreatif yang dapat bersaing karena dunia ini kan bersaing, banyak tantangan, tidak ada berhentinya bersaing. Kalau tidak kreatif lama kelamaan hanya lewat saja,” kata Henri dalam paparannya pada kegiatan Webinar bertema ‘Optimalisasi Ruang Digital dalam Peningkatan Ekonomi Sektor UMKM’ di Jakarta, Senin (7/12).

Ditambahkannya, tidak cukup hanya kreatif, UMKM juga harus kolaboratif, bekerjasama dengan yang lain untuk membangun hubungan dengan banyak pihak supaya untuk mendukung usaha atau bisnis yang dijalankan.

Menurutnya, saat ini semua orang memiliki peluang untuk berbisnis atau mengembangkan usaha. Berbisnis tidak perlu harus memiliki rumah atau toko di pinggir jalan, tetapi dimanapun tempatnya bisa dilakukan.

“Memang sekarang semua orang punya peluang untuk mengembangkan UMKM berbasis internet. Kalau mau bisnis tidak perlu lagi harus punya rumah di pinggir jalan. Tidak harus rumahnya mentereng atau besar. Sekarang dipinggir gang kecil juga bisa di gang kecil juga bisa asal bisa mengemas konten, produk dan marketingnya juga bagus,” ujar Hendri.

Dijelaskannya, banyak orang berjualan kalau dulu harus di pinggir jalan. Yang penting sekarang adalah kreatifitas, network dengan memanfaatkan internet untuk bisa mempromosikan konten-konten atau produknya yang memang berkualitas.

Sementara itu, Penulis Buku Inspirasi Bisnis, Nawolo Tris Sampurno yang hadir sebagai narasumber pada Webinar mengatakan, selain harus memiliki produk unggulan, UMKM juga harus melek digital. Karena kalau tidak akan tertinggal dengan yang lain.

“Mau tidak mau UMKM sekarang harus melek digital. Karena dunia digital sudah menjadikan jarak ide dan implementasi lebih pendek. Dulu ingin buka store butuh waktu studi kelayakan sekarang dengan adanya market place akan cepat dan semua orang dapat mengakses,” sebutnya.

Dijelaskannya, ruang digital adalah peluang bagi UMKM untuk dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk yang diinginkan kapan saja dan darimana saja. “Ruang digital bebas ruang dan waktu. Bisa jadi order tengah malam karena orang dari luar negeri yang memesan,” ucapnya.

Sedangkan Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi yang juga menjadi narasumber mengatakan, Indonesia di era digital tidak hanya berpotensi menjadi konsumen yang besar di pasar dunia, tetapi juga berpotensi untuk menjadi power house bagi ekonomi digital dunia. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional